Perancangan UI/UX Aplikasi Pembelajaran Bahasa Daerah Menggunakan Metode User Centered Design

Authors

  • Beauty Insyiroh Nusuvul Layli
  • Azzahra Asti Khairunnissa
  • Dinda Ayu Puspaningrum Marhono UNIVERSITAS PEMBANGUNAN NASIONAL "VETERAN" JAWA TIMUR
  • Muhammad Bagus Satrio Aji
  • Hendra Maulana

DOI:

https://doi.org/10.33005/santika.v5i1.749

Keywords:

Aplikasi Pembelajaran,, Bahasa Daerah, System Usability Scale, UI/UX Design, User Centered Design

Abstract

Abstrak— Pelestarian bahasa daerah menjadi salah satu tantangan penting dalam menjaga keberagaman budaya Indonesia. Penurunan penggunaan bahasa daerah di kalangan generasi muda juga merupakan tantangan pelestarian bahasa daerah, sehingga diperlukan media pembelajaran yang menarik, mudah diakses, dan sesuai dengan kebutuhan generasi muda agar bahasa daerah dapat dilestarikan. Penelitian ini bertujuan untuk mendesain User Interface (UI) dan User Experience (UX) dari sebuah aplikasi pembelajaran bahasa daerah dengan menerapkan pendekatan User Centered Design (UCD). Pendekatan ini mengutamakan kebutuhan dan preferensi pengguna sebagai fokus dalam pengembangan. Penelitian dilakukan melalui empat tahap utama UCD, yaitu memahami konteks penggunaan, mengidentifikasi kebutuhan pengguna, membuat solusi desain, dan melakukan evaluasi. Teknik pengumpulan data mencakup studi literatur, penyebaran kuesioner, dan pembuatan prototype menggunakan Figma. Prototype yang telah dikembangkan kemudian dievaluasi menggunakan pendekatan System Usability Scale (SUS) terhadap sepuluh responden, dan hasilnya menunjukkan tingkat kelayakan yang baik. Hal ini menunjukkan bahwa pendekatan UCD efektif dalam menghasilkan desain aplikasi yang relevan, fungsional, dan berpotensi besar untuk meningkatkan ketertarikan masyarakat, khususnya generasi muda, dalam mempelajari serta melestarikan bahasa daerah melalui teknologi digital.

 

References

Kurnia Azizah and Valdi Giffari Rahmayati Putra, “Analisis Hierarki Nilai-Nilai Max Scheler dalam Cerita Anak Gorontalo Berjudul Saku Abah,” Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, vol. 10, no. 1, 2024, doi: 10.30605/onoma.v10i1.3291.

A. D. Azis and K. Yusra, “FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB KEPUNAHAN BAHASA DAERAH DI TANAH RANTAU.”

A. Nadia, R. Putra Chaniago, T. D. Putri, R. Yani, and M. H. Wafi, “Penyebab Perempuan Minangkabau Merantau dan Pengaruh Relasi Sosial Keluarga Inti dalam Sistem Kekerabatan Matrilinieal,” Psyche 165 Journal, 2022, doi: 10.35134/jpsy165.v15i4.204.

E. Hutabarat and N. Nurchayati, “Penyesuaian Diri Mahasiswa Batak yang Merantau di Surabaya,” Jurnal Penelitian Psikologi, vol. 1, no. 1, 2021.

O. M. O. Setiadi, I. M. Nugroho, and Y. Muhyidin, “PERANCANGAN UI/UX APLIKASI PEMBELAJARAN BAHASA JEPANG MENGGUNAKAN METODE GOAL DIRECTED DESIGN,” Jurnal Informatika Progres, vol. 15, no. 2, 2023, doi: 10.56708/progres.v15i2.370.

M. Agung, H. D. Putri, and N. Ainul, “MULTIMEDIA INTERAKTIF MODEL PEMBELAJARAN MULTIBAHASA UNTUK KONSEP PEMBELAJARAN BAHASA DAERAH SULAWESI,” Jurnal PENA : Penelitian dan Penalaran, vol. 9, no. 2, 2022, doi: 10.26618/jp.v9i2.8971.

R. W. Naim, H. Fabroyir, and R. J. Akbar, “Desain dan Evaluasi Antarmuka Pengguna Aplikasi Web Responsif myITS Marketplace Berdasarkan Design Thinking,” Jurnal Teknik ITS, vol. 10, no. 2, 2021, doi: 10.12962/j23373539.v10i2.64072.

M. I. Ikhlas and Z. Zukhri, “Implementasi Metode Design Thinking Pada Perancangan UI/UX Website Tracking GPS Tiara Track,” Automata, vol. 3, no. 2, 2022.

T. U. Kulsum, F. M. Al Anshary, and R. Fauzi, “PERANCANGAN DESAIN ANTARMUKA PENGGUNA PADA APLIKASI HELPMEONG BAGI ADOPTER MENGGUNAKAN METODE GOAL-DIRECTED DESIGN,” JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Informatika), vol. 8, no. 1, 2023, doi: 10.29100/jipi.v8i1.3298.

M. P. Eugenia, M. Abdurrofi, B. Almahenzar, and A. Khoirunnisa, “Pendekatan Metode User-Centered Design dan System Usability Scale dalam Redesain dan Evaluasi Antarmuka Website,” Seminar Nasional Official Statistics, vol. 2022, no. 1, 2022, doi: 10.34123/semnasoffstat.v2022i1.1454.

R. Hikmah Alim, O. Komarudin, and C. Carudin, “PERANCANGAN DESAIN UI/UX PADA WEBSITE SMAN 5 KARAWANG DENGAN METODE USER CENTERED DESIGN,” JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), vol. 7, no. 5, 2024, doi: 10.36040/jati.v7i5.7319.

L. Angela and E. Erandaru, “STUDI PERBANDINGAN TEORI DAN PRAKTEK PROSES PERANCANGAN UI/UX di ARYANNA,” Jurnal DKV Adiwarna, vol. 1, 2022.

A. C. Mardhatilah, “Pengaruh Penerapan Sistem Informasi Akuntansi Berbasis Aplikasi Online terhadap Efektivitas Pengendalian Internal dan dampaknya Pada Kinerja Keuangan (Studi pada UMKM Kedai Kopi Kammassana Kota Bandung),” Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 2023.

C. E. Zen, S. Namira, and T. Rahayu, “Rancang Ulang Desain UI (User Interface) Company Profile Berbasis Website Menggunakan Metode UCD (User Centered Design),” Seminar Nasional Mahasiswa Ilmu Komputer dan Aplikasinya (SENAMIKA), no. April, 2022.

R. F. Meuthia, F. Ferdawati, and G. Gustati, “Analisis User Experience Pada Aplikasi E-Kelurahan Menggunakan Model UX Honeycomb,” Jurnal Akuntansi Keuangan dan Bisnis, vol. 14, no. 2, 2021, doi: 10.35143/jakb.v14i2.5167.

S. D. Wahyuningtyas, L. Fanani, and A. H. Brata, “Perancangan User Experience Aplikasi Pemantau Kesehatan pada Lansia menggunakan Metode Human-Centered Design,” Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 5, no. 11, pp. 4910–4919, 2021, [Online]. Available: http://j-ptiik.ub.ac.id

D. Rachmayani, “TA : Analisis dan Perancangan User Interface pada Website Pusat Karir dan Alumni Universitas Dinamika dengan Menggunakan Model User Centered Design (UCD),” 2020.

Ardiansyah, Risnita, and M. S. Jailani, “Teknik Pengumpulan Data Dan Instrumen Penelitian Ilmiah Pendidikan Pada Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif,” Jurnal IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, vol. 1, no. 2, 2023, doi: 10.61104/ihsan.v1i2.57.

T. Daffa, A. Dakhilullah, and B. Suranto, “Penerapan Metode User Centered Design Pada Perancangan Pengalaman Pengguna Aplikasi I-Star,” AUTOMATA, vol. 3, no. 2, 2022.

A. R. Bahtiar and M. A. Gustalika, “Penerapan Metode System Usability Scale dalam Pengujian Rancangan Mobile Apps Gamification Tari Rakyat di Indonesia,” JURNAL MEDIA INFORMATIKA BUDIDARMA, vol. 6, no. 1, 2022, doi: 10.30865/mib.v6i1.3510.

Z. A. W. Sugandi and K. N. Isnaini, “Perancangan Antarmuka Pengguna dan Pengalaman Pengguna dari Aplikasi Marketplace Bahan Makanan Dapur: Metode User-Centered Design,” Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi (JustIN), vol. 11, no. 3, 2023, doi: 10.26418/justin.v11i3.67793.

D. K. Safitri and A. Andrianingsih, “Analisis UI/UX untuk Perancangan Ulang Front-End Web Smart-SITA dengan Metode UCD dan UEQ,” Techno.Com, vol. 21, no. 1, 2022, doi: 10.33633/tc.v21i1.5639.

S. R. R I and S. A. Saputra, “PERANCANGAN UI/UX DESIGN PADA APLIKASI JASA FREELANCER BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN METODE USER CENTERED DESIGN,” Jurnal Ilmiah Matrik, vol. 25, no. 1, 2023, doi: 10.33557/jurnalmatrik.v25i1.2279.

D. Setiawan and S. L. Wicaksono, “Evaluasi Usability Google Classroom Menggunakan System Usability Scale,” Walisongo Journal of Information Technology, vol. 2, no. 1, 2020, doi: 10.21580/wjit.2020.2.1.5792.

Downloads

Published

2025-09-23

How to Cite

Beauty Insyiroh Nusuvul Layli, Azzahra Asti Khairunnissa, Marhono, D. A. P., Muhammad Bagus Satrio Aji, & Hendra Maulana. (2025). Perancangan UI/UX Aplikasi Pembelajaran Bahasa Daerah Menggunakan Metode User Centered Design. Prosiding Seminar Nasional Informatika Bela Negara (SANTIKA), 5(1), 343–349. https://doi.org/10.33005/santika.v5i1.749

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.