GoSehat: Inovasi Digital dalam Mengontrol Malnutrisi melalui Desain Antarmuka yang Ramah Pengguna
DOI:
https://doi.org/10.33005/santika.v5i1.569Keywords:
malnutrisi, aplikasi mobile, user centered design, design thinking, usability testingAbstract
Malnutrisi masih menjadi permasalahan kesehatan masyarakat yang kompleks di Indonesia, mencakup kekurangan maupun kelebihan asupan gizi yang dapat memengaruhi kualitas hidup, terutama pada anak-anak dan remaja. Seiring berkembangnya teknologi digital, solusi berbasis aplikasi menjadi alternatif yang potensial dalam mengedukasi serta memantau status gizi masyarakat. Penelitian ini mengusulkan pengembangan aplikasi GoSehat sebagai alat bantu pemantauan gizi yang mengintegrasikan pendekatan User-Centered Design (UCD) dan metode Design Thinking untuk memastikan kesesuaian dengan kebutuhan pengguna. Aplikasi ini dilengkapi fitur deteksi status gizi, rekomendasi menu personal, pemindai makanan berbasis barcode, serta gamifikasi tantangan sehat untuk meningkatkan keterlibatan pengguna. Evaluasi usability dilakukan menggunakan metode System Usability Scale (SUS) terhadap 35 responden, dengan hasil yang menunjukkan tingkat penerimaan dan minat pengguna yang tinggi terhadap implementasi aplikasi ini. Temuan ini mengindikasikan bahwa GoSehat memiliki potensi besar untuk diadopsi sebagai solusi digital dalam mendukung edukasi dan kontrol malnutrisi berbasis mobile.
References
A. S. Ramadhan, E. S. Wahjuni, and G. Siantoro, “Pengembangan aplikasi monitoring status gizi remaja (montuza) berbasis smartphone pada siswa menengah atas,” Jurnal Education and Development, vol. 9, no. 3, pp. 301–305, 2021.
A. Barnett et al., “Effectiveness of dietary interventions delivered by digital health to adults with chronic conditions: systematic review and meta‐analysis,” Journal of Human Nutrition and Dietetics, vol. 36, no. 3, pp. 632–656, 2023.
S. Patimah and S. A. Sharief, “Exploration of Strategies to Overcome Dual-Triple Burden of Malnutrition in Adolescent Girls Based on Local Wisdom: A Qualitative Study,” Window of Health: Jurnal Kesehatan, pp. 59–72, 2025.
N. R. Aulia, “Peran pengetahuan gizi terhadap asupan energi, status gizi dan sikap tentang gizi remaja,” Jurnal Ilmiah Gizi Kesehatan (JIGK), vol. 2, no. 02, pp. 31–35, 2021.
S. Faridha, S. Yulianti, and Y. Sugiarti, “Metode Perancangan User Interface yang Paling Umum Digunakan: Systematic Literature Review,” Binary Digital-Technology, vol. 7, no. 1, 2024, doi: 10.32877/bt.v7i1.1467.
H. H. Lukmana and M. Al-Husaini, “Perancangan UI/UX Aplikasi Mobile untuk Pencegah Stunting pada Anak di Indonesia Menggunakan Metode Design Thinking,” METHOMIKA: Jurnal Manajemen Informatika & Komputerisasi Akuntansi, vol. 8, no. 2, pp. 187–198, 2024.
L. Setiyani, “Desain Sistem: Use Case Diagram,” in Prosiding Seminar Nasional Inovasi Dan Adopsi Teknologi (INOTEK), 2021, pp. 246–260.
V. Y. P. Ardhana, “Pemodelan Activity Diagram Untuk Perancangan Sistem Informasi Rekam Medis Pada Klinik,” Jurnal Kesehatan Qamarul Huda, vol. 9, no. 2, pp. 106–109, 2021.
T. Mahmudiono et al., “Nutrition education 4.0 to prevent overweight and obesity through social media,” Open Access Maced J Med Sci, vol. 9, no. E, pp. 1475–1479, 2021.
P. Vlachogianni and N. Tselios, “Perceived usability evaluation of educational technology using the System Usability Scale (SUS): A systematic review,” Journal of Research on Technology in Education, vol. 54, no. 3, pp. 392–409, 2022.
D. Supriyadi, S. T. Safitri, and D. Y. Kristiyanto, “Higher education e-Learning usability analysis using system usability scale,” IJISTECH (International Journal of Information System and Technology), vol. 4, no. 1, pp. 436–446, 2020.
H. Ilham, B. Wijayanto, and S. P. Rahayu, “Analysis and design of user interface/User experience with the design thinking method in the academic information system of jenderal soedirman university,” Jurnal Teknik Informatika (Jutif), vol. 2, no. 1, pp. 17–26, 2021.