Analisa Perangkat Lunak Integrasi Sistem Informasi Game Edukasi
DOI:
https://doi.org/10.33005/santika.v1i0.24Keywords:
game, game edukasi, sistem informasi, object oriented programming, analisa basis dataAbstract
Sebuah permainan atau game saat ini lagi berkembang dan banyak yang meminati dari kalangan remaja, hingga anak-anak usia dini. Pandemi ini mewajibkan semua pembelajaran sekolah ada dirumah, hal ini bisa menyulitkan proses belajar anak, khususnya yang masih ditingkat usia dini. Melalui pengembangan game ini memudahkan proses belajar dan menjadi menyenangkan. Game saat ini yang beredar masih bersifat statis, sehingga tidak akan bisa membuat sebuah model peningkatan untuk media pembelajaran. Maka munculah sebuah game edukasi, dari perangkat lunak game statis dikembangkan menjadi sebuah game edukasi yang bersifat dinamis, sehingga dibutuhkan sebuah sistem informasi untuk bisa mengisi dan mengubah semua konten dari game edukasi ini. Pengerjaan dari sistem informasi game in lebih mudah berorientasi objek, sehingga pada pengembangan ini memudahkan tim pengembang game untuk bisa bekerja lebih cepat. Analisa basis data ini nantinya menjadikan sebuah kunci suksesnya pada pengembangan sistem informasi game. Dengan pengembangan ini peminatan dari masyarakat yang di dapat nantinya dari umpan balik akan bisa menerima dan berminat untuk bisa belajar sambil belajar menggunakan game edukasi ini.
Kata Kunci— game, sistem informasi, object oriented programming, analisa basis data, game edukasi.
References
[2] M. R. Rahadi, K. I. Satoto, and I. P. Windasari, “Perancangan Game Math Adventure Sebagai Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android,” J. Teknol. dan Sist. Komput., vol. 4, no. 1, p. 44, 2016.
[3] Trisna, S. Pembuatan Game Pembelajaran Pengenalan Huruf Hijaiyah Di Taman Kanak-Kanak (TK) Az-Zalfa Sidoharjo Pacitan. Journal Speed-Sentra Penelitian Engineering Dan Edukasi, 6(1), 7, 2015.
[4] Rusman, R. Model-Model Pembelajaran :Mengembangkan Profesionalisme Guru. 2nd edn. Depok: PT Raja Grafindo Persada. 2016.
[5] Rozi. F, Kristari. A,”Pengembangan Media Pembelajaran Game Edukasi Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Fisika Untuk Siswa Kelas XII di SMAN 1 Tulungagung”, Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Informatika, vol 05, no. 01, p. 35-44, 2020
[6] Christanto, E. N. Sistem Informasi Manajemen Distribusi ( Studi Kasus : PT . Solopos Raya ), 2009.
[7] Sanjaya, W. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. 11th edn. Jakarta: Kencana, Prenada Media Grou, 2014.
[8] D. Setiyawan and E. Winarno, “Game Petualangan Si Toole Untuk Mempromosikan Wisata Kabupaten Grobogan Menggunakan Metode Collision Detection,” in Prosiding SINTAK, 2018, no. 2012, pp. 318–324
[9] Scherer, R., Siddiq, F., & Tondeur, J. The technology acceptance model (TAM): A meta-analytic structural equation modeling approach to explaining teachers’ adoption of digital technology in education. Computers & Education, 128, 13–35. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2018.09.009, 2019.
[10] J. Hutahaean, Konsep Sistem Informasi, Yogyakarta: DEEPUBLISH, 2014.
[11] J. S. Mitchell, Physical Asset Management Handbook. Clarion Technical Publishers, 2002
[12] E. Adams, Fundamentals of Game Design 2nd Edition. 2010
[13] F. Masya and B. Aryadi, “Permainan 2 Player Gaza Wars pada Jaringan Lokal,” vol. III, no. 1, pp. 70–77, 2011.
[14] Santi. F. H, Astuti. A. I, “Pembuatan Prototype Aplikasi Game Edukasi Sistem Tata Surya Untuk Siwa Sekolah Dasar”, JOISM : Jurnal of Information System Management, Vol. 1., No. 2, 2020.
[15] D. I. S. M. P. N. Yogyakarta and A. Putranto, “PENGEMBANGAN GAME EDUKASI KLASIFIKASI HEWAN MENGGUNAKAN ADOBE FLASH PROFESSIONAL CS5 SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI KELAS VII.”
[16] H. Dan, K. Hidrolik, and S. Smk, “Pengembangan Media Pembelajaran Game Edukasi Untuk Belajar Mandiri Pada Kompetensi Dasar Education Game Development As Self Learning Media In Basic,” no. 2, pp. 87–95.