Analisa Perangkat Lunak Integrasi Sistem Informasi Game Edukasi

Authors

  • Sugiarto Sugiarto Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur
  • pratama wirya atmaja
  • Diana Aqidatun Nisa

DOI:

https://doi.org/10.33005/santika.v1i0.24

Keywords:

game, game edukasi, sistem informasi, object oriented programming, analisa basis data

Abstract

Sebuah permainan atau game saat ini lagi berkembang dan banyak yang meminati dari kalangan remaja, hingga anak-anak usia dini. Pandemi ini mewajibkan semua pembelajaran sekolah ada dirumah, hal ini bisa menyulitkan proses belajar anak, khususnya yang masih ditingkat usia dini. Melalui pengembangan game ini memudahkan proses belajar dan menjadi menyenangkan. Game saat ini yang beredar masih bersifat statis, sehingga tidak akan bisa membuat sebuah model peningkatan untuk media pembelajaran. Maka munculah sebuah game edukasi, dari perangkat lunak game statis dikembangkan menjadi sebuah game edukasi yang bersifat dinamis, sehingga dibutuhkan sebuah sistem informasi untuk bisa mengisi dan mengubah semua konten dari game edukasi ini. Pengerjaan dari sistem informasi game in lebih mudah berorientasi objek, sehingga pada pengembangan ini memudahkan tim pengembang game untuk bisa bekerja lebih cepat. Analisa basis data ini nantinya menjadikan sebuah kunci suksesnya pada pengembangan sistem informasi game. Dengan pengembangan ini peminatan dari masyarakat yang di dapat nantinya dari umpan balik akan bisa menerima dan berminat untuk bisa belajar sambil belajar menggunakan game edukasi ini.

 

Kata Kunci— game, sistem informasi, object oriented programming, analisa basis data, game edukasi.

References

[1] R. T. Singkoh, A. S. M. Lumenta, and V. Tulenan, “Perancangan Game FPS (First Person Shooter) Police Personal Training,” E-Journal Tek. Elektro Dan Komput., vol. 5, no. 1, pp. 28–34, 2016.
[2] M. R. Rahadi, K. I. Satoto, and I. P. Windasari, “Perancangan Game Math Adventure Sebagai Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android,” J. Teknol. dan Sist. Komput., vol. 4, no. 1, p. 44, 2016.
[3] Trisna, S. Pembuatan Game Pembelajaran Pengenalan Huruf Hijaiyah Di Taman Kanak-Kanak (TK) Az-Zalfa Sidoharjo Pacitan. Journal Speed-Sentra Penelitian Engineering Dan Edukasi, 6(1), 7, 2015.
[4] Rusman, R. Model-Model Pembelajaran :Mengembangkan Profesionalisme Guru. 2nd edn. Depok: PT Raja Grafindo Persada. 2016.
[5] Rozi. F, Kristari. A,”Pengembangan Media Pembelajaran Game Edukasi Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Fisika Untuk Siswa Kelas XII di SMAN 1 Tulungagung”, Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Informatika, vol 05, no. 01, p. 35-44, 2020
[6] Christanto, E. N. Sistem Informasi Manajemen Distribusi ( Studi Kasus : PT . Solopos Raya ), 2009.
[7] Sanjaya, W. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. 11th edn. Jakarta: Kencana, Prenada Media Grou, 2014.
[8] D. Setiyawan and E. Winarno, “Game Petualangan Si Toole Untuk Mempromosikan Wisata Kabupaten Grobogan Menggunakan Metode Collision Detection,” in Prosiding SINTAK, 2018, no. 2012, pp. 318–324
[9] Scherer, R., Siddiq, F., & Tondeur, J. The technology acceptance model (TAM): A meta-analytic structural equation modeling approach to explaining teachers’ adoption of digital technology in education. Computers & Education, 128, 13–35. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2018.09.009, 2019.
[10] J. Hutahaean, Konsep Sistem Informasi, Yogyakarta: DEEPUBLISH, 2014.
[11] J. S. Mitchell, Physical Asset Management Handbook. Clarion Technical Publishers, 2002
[12] E. Adams, Fundamentals of Game Design 2nd Edition. 2010
[13] F. Masya and B. Aryadi, “Permainan 2 Player Gaza Wars pada Jaringan Lokal,” vol. III, no. 1, pp. 70–77, 2011.
[14] Santi. F. H, Astuti. A. I, “Pembuatan Prototype Aplikasi Game Edukasi Sistem Tata Surya Untuk Siwa Sekolah Dasar”, JOISM : Jurnal of Information System Management, Vol. 1., No. 2, 2020.
[15] D. I. S. M. P. N. Yogyakarta and A. Putranto, “PENGEMBANGAN GAME EDUKASI KLASIFIKASI HEWAN MENGGUNAKAN ADOBE FLASH PROFESSIONAL CS5 SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI KELAS VII.”
[16] H. Dan, K. Hidrolik, and S. Smk, “Pengembangan Media Pembelajaran Game Edukasi Untuk Belajar Mandiri Pada Kompetensi Dasar Education Game Development As Self Learning Media In Basic,” no. 2, pp. 87–95.

Downloads

Published

2020-11-01

How to Cite

Sugiarto, S., atmaja, pratama wirya, & Nisa, D. A. (2020). Analisa Perangkat Lunak Integrasi Sistem Informasi Game Edukasi. Prosiding Seminar Nasional Informatika Bela Negara, 1, 219–222. https://doi.org/10.33005/santika.v1i0.24

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.