PEMBUATAN GAME TOWER DEFENSE HEROES CONQUEST MENGGUNAKAN UNITY

Authors

  • Muhammad Herdiansyah Putra Perdana TEKNIK INFORMATIKA UPNVJATIM
  • Pratama Wirya Atmaja TEKNIK INFORMATIKA UPNVJATIM
  • Henni Endah Wahanani Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.33005/santika.v2i0.112

Keywords:

Game, Tower Defense, Unity3D, Dimensi, Genre

Abstract

Video game merupakan salah satu sarana hiburan yang sudah tidak asing lagi untuk semua orang dan sangat di gemari oleh banyak orang dari segala usia. Hal itu disebabkan video game dapat diakses tidak hanya melalui PC ataupun konsol, tetapi juga melalui ponsel pintar.

Seringkali game juga dimanfaatkan untuk menghilangkan stress karena game dianggap seru dan menyenangkan. Ada sebuah riset untuk mengetahui apakah sebuah game mampu untuk menghilangkan stress. Riset dilakukan dengan mewawancarai 1.000 gamer tentang pandangan mereka terhadap game. Hasilnya, periset menemukan bahwa 55 persen perserta riset bermain video game karena membantu mereka untuk menghilangkan stres.

Video game juga memiliki banyak genre (tipe), salah satunya adalah strategy. Strategy game adalah sebuah video game yang hasil akhirnya ditentukan dari cara apa yang dipilih oleh pemain. Genre strategy ini memiliki beberapa sub-genre, salah satunya adalah Tower Defense. Berdasarkan penjelasan tersebut maka penulis memilih untuk merancang game Heroes Conquest. Game Heroes Conquest adalah game yang ber-genre Tower Defense. Pemain diharuskan untuk melindungi base atau markas dari musuh-musuh yang berjalan ke dalam base dengan cara mengeluarkan tower untuk menyerang musuh-musuh tersebut. Demi terwujudnya perancangan dan pembuatan game ini. Maka diperlukan juga engine game maker yang mumpuni. Unity3D dipilih sebagai engine game untuk membuat game Heroes Conquest karena unity3D merupaka game engine yang support multi-platform build dan juga mampu mebuat game baik 2D, 2.5D, 3D.

References

[1] Afif F. R. (2017), “PENGEMBANGAN PERMAINAN EDUKASI KATELU (Klasifikasi Komponen Komputer) BERBASIS ANDROID DENGAN TOOLS UNITY 3D GAME ENGINE” Yogyakarta: Universitas Negerri Yogyakarta.
[2] Cholifah, W. N., Yulianingsih, & Sagita, S. M. (2018). PENGUJIAN BLACK BOX TESTING PADA APLIKASI ACTION & STRATEGY BERBASIS ANDROID DENGAN TEKNOLOGI PHONEGAP. Jakarta Selatan: Universitas Indraprasta PGRI.
[3] Febtriko, A., & Puspitasari, I. (2018). MENGUKUR KREATIFITAS DAN KUALITAS PEMOGRAMAN PADA SISWA SMK KOTA PEKANBARU JURUSAN TEKNIK KOMPUTER JARINGAN DENGAN SIMULASI ROBOT. Universitas Abdurrab Pekanbaru: Universitas Abdurrab Pekanbaru.
[4] Fu, F. L., Su, R. C., & Yu, S. C. (2009). EGameFlow: A scale to measure learners’ enjoyment of e-learning games. Computers & Education, 52(1), 101-112.
[5] Grivin. M. W. (2015). GAME ENGINE Minahasa: Universitas Klabat.
[6] Haas, J. (2014). A history of the unity game engine. Diss. WORCESTER POLYTECHNIC INSTITUTE
[7] Kevin, B., Pragantha, J., & Haris, D. A. (2016). PEMBUATAN GAME TOWER DEFENSE SUMMONER’S QUEST MENGGUNAKAN UNITY DENGAN TOUCH GESTURE RECOGNIZER. Jurnal Ilmu Komputer dan Sistem Informasi, 4(2), 340-347.
[8] Liu, S., Chaoran, L., Yue, L., Heng, M., Xiao, H., Yiming, S., ... & Qinting, T. (2019). Automatic generation of tower defense levels using PCG. In Proceedings of the 14th International Conference on the Foundations of Digital Games (pp. 1-9).
[9] Linden, R., Lopes, R., & Bidarra, R. (2014). Procedural Generation of Dungeons. IEEE Transactions on Computational Intelligence and AI in Games, 6(1), 78 - 89.
[10] Putra, F. P. (2012). Pembuatan Game Animasi 3d Role Playing Game Untuk Pendidikan Budaya Dengan Unity3d Dan Bahasa Pemrograman C (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
[11] Qomari, R. (2008). Pengembangan instrumen evaluasi domain afektif. INSANIA: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 13(1), 87-109.
[12] Setyamurti, A., Wardhono, W. S., & Afirianto, T. (2016). Implementasi Procedural Generation untuk Membangun Level Tactical RPG dengan menggunakan Metode Occupancy Regulated Extension. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer e-ISSN, 2548, 964X..

Downloads

Published

2021-11-25

How to Cite

Perdana, M. H. P., Atmaja, P. W., & Wahanani, H. E. (2021). PEMBUATAN GAME TOWER DEFENSE HEROES CONQUEST MENGGUNAKAN UNITY. Prosiding Seminar Nasional Informatika Bela Negara, 2, 78–87. https://doi.org/10.33005/santika.v2i0.112

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.