GAME EDUKASI “RIVER GUARD” BERBASIS AUGMENTED REALITY DENGAN METODE DYNAMIC DIFFICULTY ADJUSTMENT

Authors

  • Wira Mahadhika Alphatora UPN Veteran Jawa Timur
  • Pratama Wirya Atmaja UPN Veteran Jawa Timur
  • Firza Prima Aditiawan UPN Veteran Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.33005/santika.v2i0.109

Keywords:

game, sampah, augmented reality, dynamic difficulty adjustment, unity

Abstract

Banjir merupakan salah satu permasalahan yang kerap terjadi di Indonesia. Salah satu penyebab utama banjir adalah kebiasaan masyarakat membuang sampah di sungai.  Masyarakat cenderung belum teredukasi mengenai dampak dari kebiasaan ini. Terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan ini, salah satunya dengan game edukasi. Game edukasi dipilih karena dengan edukasi yang menyenangkan akan menumbuhkan kemauan untuk belajar untuk anak - anak. Dengan pemanfaatan Augmented Reality, permainan menjadi menarik dan seru untuk dimainkan. Game edukasi ini bergenre strategy sehingga dapat merangsang polar pikir pengguna terhadap suatu masalah dan kejadian yang ada. Berdasarkan beberapa hal tersebut penulis ingin membuat sebuah permainan  edukasi sampah yang berjalan dengan augmented reality menggunakan metode dynamic difficulty adjustment sebagai pengatur tingkat kesulitan pada permainan. Hasil uji kelayakan game River Guard berdasarkan kuesioner dari 20 responden menghasilkan perolehan sebesar 80,9%. Berdasarkan perolehan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa game edukasi River Guard telah masuk dalam katergori layak.

References

[1] Jati, R. H. (2019). Rancang bangun permainan Platformer Edukasi Sampah dengan metode dynamic difficulty adjustment berbasis android. Surabaya: UPN Veteran Jawa Timur.
[2] Muntahanah, Toyib, R., & Ansyori, M. (2017). PENERAPAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY PADA KATALOG RUMAH BERBASIS ANDROID (STUDI KASUS PT. JASHANDO HAN SAPUTRA). Bengkulu: Universitas Muhammadiyah Bengkulu.
[3] Borman, R. I. & Purwanti, Yogi (2019). Implementasi Multimedia Development Live Cycle pada Pengembangan Game Edukasi Pengenalan Bahaya Sampah pada Anak. Bengkulu: Universitas Muhammadiyah Bengkulu.
[4] Muntahanah, Toyib, R., & Ansyori, M. (2017). PENERAPAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY PADA KATALOG RUMAH BERBASIS ANDROID (STUDI KASUS PT. JASHANDO HAN SAPUTRA). Bengkulu: Universitas Muhammadiyah Bengkulu.
[5] Limantara, A. C. (2017). PENERAPAN DYNAMIC DIFFICULTY ADJUSTMENT PADA TYPING GAME WORDMASTER. Surabaya: Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
[6] Cholifah, W. N., Yulianingsih, & Sagita, S. M. (2018). PENGUJIAN BLACK BOX TESTING PADA APLIKASI ACTION & STRATEGY BERBASIS ANDROID DENGAN TEKNOLOGI PHONEGAP. Jakarta Selatan: Universitas Indraprasta PGRI.
[7] Zikrillah, F. (2013). Aplikasi game 3D First Person Shooter (FPS) Survive From Death. Bandung: UNIKOM.

Downloads

Published

2021-11-25

How to Cite

Alphatora, W. M., Atmaja, P. W., & Aditiawan, F. P. (2021). GAME EDUKASI “RIVER GUARD” BERBASIS AUGMENTED REALITY DENGAN METODE DYNAMIC DIFFICULTY ADJUSTMENT. Prosiding Seminar Nasional Informatika Bela Negara, 2, 73–77. https://doi.org/10.33005/santika.v2i0.109

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.