Pembelajaran Menggunakan Augmented Reality Pada Alat-Alat Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif Kelas X

Authors

  • Eko Sulistyoko STTS Surabaya
  • Hendrawan Armanto Institut Sains Dan Teknologi Terpadu Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.33005/santika.v1i0.7

Keywords:

PDTO, Otomotif, Anova, handtools, Augmented Reality

Abstract

Augmented Reality (AR) adalah sebuah aplikasi yang mampu menampilkan obyek 3D pada dunia nyata dengan tampilan virtual yang memungkinkan pengguna dapat berinteraksi dengan obyek virtual. Pada panelitian ini, marker yang digunakan berupa gambar obyek dari alat-alat 2D Handtools pada pekerjaan dasar otomotif. Handtools disebut juga alat tangan yang diperlukan dalam melakukan pekerjaan otomotif. Penggunaan handtools dilakukan dengan hanya menggunakan tenaga manusia. Handtools biasanya dikemas dalam tool box berupa kotak yang berisi alat-alat tangan.

                Aplikasi Augmented Reality yang dibangun diberi nama PDTO-AR untuk menampilkan bentuk 3D handtools ini digunakan untuk memudahkan proses belajar mengajar dikelas, serta untuk meningkatkan pemahaman siswa mengenai materi Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif (PDTO). Selain itu karena keterbatasan alat praktek disekolah menjadi kendala utama dalam menyampaikan materi ke siswa. Dengan menggunakan aplikasi ini diharapkan siswa dapat meningkatkan pemahaman serta meningkatkan minat  belajar.

            Kriteria ujicoba aplikasi dan marker meliputi User Interface yang representatif dengan konten yang sangat menarik siswa untuk semangat dalam belajar karena mendapatkan pengalaman belajar yang berbeda. Hasil penelitian menggunakan analisis anova menunjukan peningkatan pemahaman terhadap materi Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif (PDTO). Nilai pretest sebelum menggunakan aplikasi PDTO-AR sebesar 56,28 sedangkan setelah menggunakan aplikasi PDTO-AR nilai posttest naik menjadi 81,28.

References

[1] L. Magdalena and M. Kahfi, “Penerapan Teknologi Augmented Reality untuk Pengenalan Komponen Jaringan dan Cara Kerja TCP/IP berbasis Android,” Itej (Information Technol. Eng. Journals), vol. 2, no. 1, pp. 1–11, 2016.
[2] M. Alkhattabi, “Augmented reality as e-learning tool in primary schools’ education: Barriers to teachers’ adoption,” Int. J. Emerg. Technol. Learn., vol. 12, no. 2, pp. 91–100, 2017, doi: 10.3991/ijet. v12i02.6158.
[3] R. T. Azuma, “A Survey of Augmented Reality,” vol. 4, no. August, pp. 355–385, 1997.
[4] Paul Mealy, “Virtual & Augmented Reality For Dummies,” Virtual & Augmented Reality For Dummies. p. 352, 2008.
[5] P. Milgram, H. Takemura, a Utsumi, and F. Kishino, “Mixed Reality ( MR ) Reality-Virtuality ( RV ) Continuum,” Syst. Res., 1994, doi: 10.1.1.83.6861.
[6] S. Siltanen and V. teknillinen tutkimuskeskus, Theory and Applications of Marker-based Augmented Reality. VTT, 2012.
[7] Nami, “Mengenal Jenis-Jenis Dari Teknologi Augmented Reality?,” 2017. https://monsterar.net/2017/08/08/mengenal-jenis-augmented-reality/, tanggal akses: 12 September 2020 .
[8] N. T. Altan Akin and M. Gokturk, “Comparison of the Theory of Mind Tests on the Paper, 2D Touch Screen and Augmented Reality Environments on the Students with Neurodevelopmental Disorders,” IEEE Access, vol. 7, no. c, pp. 52390–52404, 2019, doi: 10.1109/ACCESS.2019.2902836.
[9] S. Matsutomo, T. Manabe, V. Cingoski, and S. Noguchi, “A Computer Aided Education System Based on Augmented Reality by Immersion to 3-D Magnetic Field,” IEEE Trans. Magn., vol. 53, no. 6, pp. 2015–2018, 2017, doi: 10.1109/TMAG.2017.2665563.
[10] J. A. Munoz-Cristobal, V. Gallego-Lema, H. F. Arribas-Cubero, J. I. Asensio-Perez, and A. Martinez-Mones, “Game of Blazons: Helping teachers conduct learning situations that integrate web tools and multiple types of augmented reality,” IEEE Trans. Learn. Technol., vol. 11, no. 4, pp. 506–519, 2018, doi: 10.1109/TLT.2018.2808491.
[11] M. S. Prof. Dr. Sudjana, M.A., Metoda Statistika. Penerbit “Tarsito” Bandung, 2005.

Downloads

Published

2020-11-01

How to Cite

Sulistyoko, E., & Armanto, H. (2020). Pembelajaran Menggunakan Augmented Reality Pada Alat-Alat Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif Kelas X. Prosiding Seminar Nasional Informatika Bela Negara, 1, 31–39. https://doi.org/10.33005/santika.v1i0.7

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.