SEGMENTASI CITRA JANIN PADA CITRA ULTRASONOGRAFI (USG) JANIN MENGGUNAKAN METODE PREWITT DAN CANNY

Authors

  • Selviana Selviana Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Tri Deviasari Wulan Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.33005/santika.v2i0.123

Keywords:

Segmentasi Citra, Deteksi Tepi, Prewitt, Canny, USG Janin,.

Abstract

AbstrakUltrasonografi (USG) merupakan alat yang digunakan untuk mendeteksi kondisi kesehatan janin pada ibu hamil. Penggunaan USG yang dilakukan untuk mengetahui anatomi (perkembangan) janin maka perlu dilakukan USG janin. Tipe USG 2D banyak dipilih oleh ibu hamil karena harganya murah dan mudah didapatkan di Rumah Sakit dan Puskesmas. USG janin dua dimensi sendiri memiliki kekurangan seperti banyaknya derau yang terdapat pada citra dan bentuk dari antomi janin yang tidak terlalu terlihat. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan hasil segmentasi dari citra USG 2D. Tahapan penelitian memiliki tiga langkah yaitu pra-pemrosesan, deteksi tepi dan penilaian akurasi. Preprosessing Citra USG 2D bertujuan untuk mengubah citra asli menjadi citra biner dan filtering citra. Tahapan kedua, segmentasi citra menggunakan deteksi tepi memiliki tujuan untuk mendapatkan garis tepi yang terdapat pada citra. Proses segmentasi menggunakan metode deteksi tepi Prewitt dan Canny.  Tahapan terakhir penilaian akurasi dengan membandingkan hasil sistem dan expert judgement. Hasil penelitian menunjukkan hasil akurasi segmentasi citra USG 2D menggunakan metode canny sebesar 65% lebih akurat dibandingkan dengan menggunakan metode Prewitt yang sebesar 62%.

References

Abdul, R. d. (2019). Implementasi Deteksi Tepi Canny Dengan Transformasi Powerlaw Dalam Mendeteksi Stadium Kanker Serviks. Jurnal Ilmiah INTECH (Information Technology Journal) of UMUS, 22-33.
Ela, E. d. (2017). PENERAPAN METODE CANNY DALAM KOREKSI LEMBAR JAWABAN KOMPUTER UNTUK TRY OUT. Prosiding SENTIA – Politeknik Negeri Malang, vol 9.
Eosina, F. d. (2017). ANALISIS PERBANDINGAN METODE PREWITT DAN CANNY UNTUK. Prosiding SINTAK 2017.
Evrita, L. d. (2015). Analisa Deteksi Tepi Janin Dengan Menggunakan Metode Prewitt dan Canny. Simposinium Nasional RAPI XIV.
Komarudin, S. d. (2016). Pengolahan Citra Dasar dan Contoh Penerapannya. Yogyakarta: Teknosain.
Lyanda, A. d. (2011). J Respir Indo. Ultrasonografi Toraks, Vol. 31, No. 1.
Polinus. (2018). MEDIA INFORMATIKA BUDIDARMA. PENERAPAN METODE PREWITT, CANNY DAN SOBEL PADA PROSES DETEKSI TEPI CITRA, 45-50.
romodhon, a. d. (2012). journal of research in computer scien and aplication. ekstraksi bentuk janin pada citra hasil usg 3 dimensi menggunakan deteksi tepi.
sukatmi. (2017). Perbandingan Deteksi Tepi Citra Digital dengan dengan metode prewitt dan canny. KOPERTIP: Jurnal Ilmiah Manajemen Informatika dan Komputer, vol 01,.
Supriyanti. (2012). teknologi informasi (TIK) untuk ketahanan nasional. perhitungan panjang janin pada citra ultrasonografi untuk memprediksi usia kehamilan.
Susanto, K. d. (2012). Pengolahan Citra : Teori dan Aplikasi. Yogyakarta.
Wulan, I. d. (2019). Segmentasi Citra Medis untuk Deteksi Objek FAM pada Payudara Menggunakan Metode Sobel. JURNAL MEDIA INFORMATIKA BUDIDARMA,, Vol 3, No 4.
Link Akses Database Citra 2D :
https://commons.m.wikimedia.org/wiki/User:Nevit/gallery201402.

Zalukhu, A. d. (2016). IMPLEMENTASI METODE CANNY DAN SOBEL UNTUK MENDETEKSI TEPI CITRA. Jurnal Riset Komputer (JURIKOM),, Vol. 3 No. 6,.

Downloads

Published

2021-11-25

How to Cite

Selviana, S., & Wulan, T. D. (2021). SEGMENTASI CITRA JANIN PADA CITRA ULTRASONOGRAFI (USG) JANIN MENGGUNAKAN METODE PREWITT DAN CANNY. Prosiding Seminar Nasional Informatika Bela Negara, 2, 196–202. https://doi.org/10.33005/santika.v2i0.123

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.