RANCANG BANGUN SISTEM PENGGAJIAN KARYAWAN PT. X MENGGUNAKAN ALGORITMA ADVANCED ENCRYPTION STANDARD

Authors

  • Hilman Fadhlillah Lesmana Program Studi Informatika, Fakultas Ilmu Komputer, UPN “Veteran” Jawa Timur
  • Firza Prima Aditiawan Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur
  • Retno Mumpuni Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.33005/santika.v2i0.103

Keywords:

Penggajian, Karyawan, Sistem, Enkripsi, Advanced Encryption Standard

Abstract

Penggajian merupakan imbalan atas jasa karyawan karena sudah melaksanakan tugas-tugas yang diberikan oleh pimpinan, yang untuk jumlahnya biasanya tetap pada setiap bulannya. Perusahaan merupakan instansi yang memiliki kewajiban untuk rutin membayarkan gaji kepada karyawannya disetiap bulan. Seperti PT. X yang selalu membayarkan gaji pada karyawannya. Namun cara yang digunakan oleh PT. X masih menggunakan pengolahan secara manual dan diinputkan pada MS. Excel. Dengan pengolahan data penggajian yang seperti itu mempunyai banyak kelemahan yaitu memerlukan waktu yang lebih lama untuk menginputkan data penggajian pegawai, tidak terkoneksi dengan database, dan juga tidak memiliki keamanan atas data tersebut. Maka diperlukannya sebuah sistem yang dapat menunjang proses penggajian agar semua data dapat diolah dan tersimpan. Dan untuk perusahaan pemberi kerja tanpa perlu lagi mengirimkan data absensi dikarenakan perusahaan pemberi kerja sudah memiliki akses kedalam sistem untuk langsung menginputkan data kehadiran dari karyawan yang telah ditempatkan. Pengamanan sebuah data merupakan hal yang sangat penting terlebih bila itu merupakan data pribadi atau perusahaan. Pengamanan ini dilakukan dengan mengimplementasikan algoritma kriptografi untuk mengenkripsi dari data nilai gaji. Dalam penelitian algoritma kriptografi yang digunakan adalah algoritma Advanced Encryption Standard (AES-128-CBC). Hasil yang dicapai dalam penelitian ini adalah menghasilkan sebuah sistem penggajian karyawan yang terintegrasi dengan database dan perusahaan memiliki keamanan lebih terhadap nilai gaji pada sistem tersebut dengan diimplementasikannya algoritma Advanced Encryption Standard.

References

[1] Damayanti, Shinta. (2015). Perancangan Sistem Informasi Penggajian Karyawan Berbasis Dekstop Pada CV. Argo Jaya Sokaraja. Yogyakarta: Jurnal program studi Sistem Informasi & Teknik Informatika STMIK AMIKOM.
[2] Faisal, Muhammad. (2019). Rancang Bangun Sistem Informasi Housekeeping Inventory dengan Metode Waterfall. Majalengka: Jurnal Infortech Vol.1 No.1.
[3] Fajriyah. (2017). Rancang Bangun Sistem Informasi Tender Karet Desa Jungai Menggunakan Metode Waterfall. Pangkal Pinang: Jurnal Sisfokom Vol.6 No.2.
[4] Kromodimoeljo, Sentot. (2010), Teori dan Aplikasi Kriptografi. SPK IT Consulting. Jakarta.
[5] Sukamto, Rosa A., dan M. Shalahuddin. (2013). REKAYASA PERANGKAT LUNAK TERSTRUKTUR DAN BERORIENTASI OBJEK. Bandung: Informatika.

Downloads

Published

2021-11-25

How to Cite

Lesmana, H. F., Aditiawan, F. P., & Mumpuni, R. (2021). RANCANG BANGUN SISTEM PENGGAJIAN KARYAWAN PT. X MENGGUNAKAN ALGORITMA ADVANCED ENCRYPTION STANDARD. Prosiding Seminar Nasional Informatika Bela Negara, 2, 54–63. https://doi.org/10.33005/santika.v2i0.103

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.