Perancangan Basis Data Sistem Informasi Pariwisata dan Potensi Desa Kampunganyar Banyuwangi

Authors

  • Hendra Maulana UPN "Veteran" Jawa Timur
  • Budi Nugroho Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" jawa Timur
  • Mochammad Idhom Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" jawa Timur
  • Eva Yulia Puspaningrum Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.33005/santika.v1i0.60

Keywords:

basis data, pariwisata, umkm, kampunganyar

Abstract

Pengetahuan informasi memainkan peran yang menentukan dalam masyarakat. Pengelola pariwisata tradisional mempunyai tantangan baru dalam mempromosikan perkembangan pariwisatanya. Pariwisata dan potensi Desa Kampunganyar terus digali dan dikembangkan agar jadi tujuan wisata. Beberapa destinasi wisata di Desa Kampunganyar telah dikenal wisatawan, khususnya wisata alam. Selain itu UMKM di Desa Kampunganyar juga sudah berkembang dan telah dikenal masyarakat sekitar Banyuwangi. Penelitian ini merancang basis data untuk sistem informasi pariwisata dan potensi Desa Kampunganyar Banyuwangi. Aplikasi diharapkan dapat menjadi tool/sarana untuk lebih mengenalkan potensi yang dimiliki desa pada pihak luar dan diharapkan pengunjung dapat lebih mudah untuk mengetahui informasi maupun lokasi wisata atau potensi desa yang lain. Perancangan basis data ini dapat memudahkan seorang programmer dalam
mengembangkan hasil penulisannya dalam bentuk sebuah perancangan source code dan beberapa literature algoritma yang mendukung proses pembuatan sistem informasi pariwisata ini.

References

[1] Rusdi, J. F. "Smartphone usage and international tourist behaviour." Mendeley Data 1. 2019.
[2] Rusdi JF. Kolaborasi Pariwisata Bandung Raya. Indonesia Tourism Journalist Association. 2017.
[3] Barcelos, Renato Hübner, Danilo Correa Dantas, and Sylvain Sénécal. "The tone of voice of tourism brands on social media: Does it matter?." Tourism management 74 (2019): 173-189.
[4] Wardiana, Wawan. "Perkembangan teknologi informasi di Indonesia." 2002.
[5] Abdillah, Leon Andretti. "Perancangan basisdata sistem informasi penggajian." arXiv preprint arXiv:1302.0337. 2013.
[6] Asmuni, Idris, and Rangga Firdaus. "Basis Data Relasional dalam Kreasi Organisasi File Akuntansi (Suatu Bahasan atas Pendekatan Penyajian Informasi Akuntansi Perusahaan Berbasis Komputer)." Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATI). 2005.
[7] Indrajani., “Perancangan Basis Data dalam All in 1”, (1st edition)., Elex Media Komputindo, Jakarta. 2011
[8] CONNOLLY, Thomas; BEGG, Carolyn. A practical Approach to design, implementation, and management. 2005.
[9] M. Analisis dan Desain (Sistem Informasi Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktek Aplikasi Bisnis). Penerbit Andi, 2017.

Downloads

Published

2020-11-01

How to Cite

Maulana, H., Nugroho, B., Idhom, M., & Puspaningrum, E. Y. (2020). Perancangan Basis Data Sistem Informasi Pariwisata dan Potensi Desa Kampunganyar Banyuwangi. Prosiding Seminar Nasional Informatika Bela Negara, 1, 209–212. https://doi.org/10.33005/santika.v1i0.60

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.