SISTEM PAKAR MENENTUKAN MENU MAKANAN SEHAT UNTUK DIET BAGI PENDERITA DIABETES MELLITUS DENGAN METODE FORWARD CHAINING

Indonesia

Authors

  • Ardiyanto Nugroho Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
  • Steven Rialdy Riswandy Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
  • Yuni Widiastiwi Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.33005/santika.v2i0.82

Keywords:

Diabetes Mellitus, Menu Makanan, Forward Chaining

Abstract

Makanan adalah salah satu kebutuhan dasar manusia tetapi berbeda bagi pengidap penyakit Diabetes Mellitus dimana penderita harus menjaga pola makan dengan baik, tentunya dengan menu makanan yang sehat bagi penderita Diabetes Mellitus. Diabetes Mellitus merupakan penyakit gangguan metabolik menahun akibat pankreas tidak memproduksi cukup insulin atau tubuh tidak dapat menggunakan insulin yang diproduksi secara efektif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mempermudah dalam menentukan menu makanan harian bagi pasien yang menderita penyakit Diabetes Mellitus. Dengan membatasi kalori dari makanan khusus penderita diabetes dengan kondisi fisik tubuh penderita menggunakan implementasi dari metode forward chaining berbasis sistem pakar. Yang menggunakan kalori dari hasil perhitungan Indeks Massa Tubuh (IMT), Basal Metabolic Rate (BMR), dan Total Energy Expenditure (TEE). Penelitian ini mengimplementasikan metode ini kedalam sistem web dengan hasil beberapa alternatif menu makanan berdasarkan paramater yang telah terinput. Dengan membentuk kesimpulan bahwa sistem web yang menggunakan metode sistem pakar ini dapat menentukan menu makanan dengan batasan kalori tertentu.

References

[1] Akil, Ibnu. 2017. Analisa Efektifitas Metode Forward Chaining Dan Backward Chaining Pada Sistem, ASM BSI Jakarta: Jakarta Timur.
[2] Alessia, Tamara. Apa Itu Indeks Massa Tubuh? Mengapa Penting untuk Diketahui Tiap Orang? https://hellosehat.com/nutrisi/fakta-gizi/apa-itu-indeks-massa-tubuh-adalah/#gref, diakses pada tanggal 28 Januari 2021.
[3] Alodokter.com. Diabetes. https://www.alodokter.com/diabetes, diakses pada tanggal 8 Februari 2021
[4] Apriliyani, Sigit. 2018, Hubungan Tingkat Pengetahuan Dan Sikap Dengan Perilaku Pencegahan Terjadinya Luka Kaki Diabetik Pada Penderita Diabetes Mellitus, Universitas Muhammadiyah: Surakarta.
[5] Diana, Embung Bening. 2018. Pengertian, Cara Menghitung, Rumus BMI dan BMR | Biologi Kelas 11. https://blog.ruangguru.com/apa-itu-bmi-dan-bmr, diakses pada tanggal 28 Januari 2021.
[6] Julita, A. 2018. Sistem Pakar Pemilihan Menu Makanan Berdasarkan Penyakit Dan Golongan Darah, Jurnal Pseudocode. Volume 5. Nomor 1. Halaman 67.
[7] Kusuma, Andi Pandu dan Mega Sari, 2019. Perbandingan Metode Forward Chaining Dan Backward Chaining Pada Sistem Pakar Diagnosis Penyakit Ikan Lele Sangkuriang. Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Islam Balitar.
[8] Muniar, A.Y., dan Ashari, 2016. Implementasi Sistem Pakar Dalam Pemilihan Makanan Pokok Bagi Penderita Penyakit Diabetes Mellitus. Teknik Informatika: STMIK AKBA.
[9] Permana, G., Y., dan Yunus, Amak. 2015. Sistem Pakar Program Diet Diabetes Mellitus Tipe 2 Berdasarkan BMI dan BMR Menggunakan Metode Forward Chaining dan Constraint Satisfaction Problem, (Studi Kasus: Pukesmas Manduro Ngoro).
[10] Qamariyah, B., Triska Susila Nindya. 2018. Hubungan Antara Asupan Energi, Zat Gizi Makro dan Total Energy Expenditure dengan Status Gizi Anak Sekolah Dasar. Amerta Nutrition, 2(1), 59 - 65.
[11] Sihotang, H., T. 2017. Perancangan Aplikasi Sistem Pakar Diagnosa Diabetes Dengan Metode Bayes. Volume 1. Nomor 1. Halaman 36. Juli
[12] Suwarso, Gideon A.F., 2015. Sistem pakar untuk Penyakit penyakit anak menggunakan metode Forward Chaining. Surabaya: Universitas Kristen Petra.
[13] Tandean, N., Yanti Mewo dan Pemsy M. Wowor. 2015. Gambaran Indeks Massa Tubuh Pada Anggota Senat Mahasiswa Fakultas Kedokteran Manado. Jurnal e-Biomedik, 3(3), 777 - 781.
[14] Tandradynata, Jinny. 2021. Diet Pasien Diabetes untuk Menjaga Pola Makan dan Berat Badan Seimbang. https://hellosehat.com/diabetes/gula-darah-normal/diet-pasien-diabetes/#gref, diakses pada tanggal 8 Februari 2021
[15] Wibowo, Irenene. 2018. Berapa Banyak Susu yang Diperbolehkan untuk Diminum Dalam Sehari? https://womantalk.com/health/articles/berapa-banyak-susu-yang-diperbolehkan-untuk-diminum-dalam-sehari-DEMmG, diakses pada tanggal 1 Januari 2021

Downloads

Published

2021-11-25

How to Cite

Nugroho, A., Riswandy, S. R., & Widiastiwi, Y. (2021). SISTEM PAKAR MENENTUKAN MENU MAKANAN SEHAT UNTUK DIET BAGI PENDERITA DIABETES MELLITUS DENGAN METODE FORWARD CHAINING: Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Informatika Bela Negara, 2, 11–16. https://doi.org/10.33005/santika.v2i0.82

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.