Analisis User Experience Pengguna Aplikasi KAI ACCESS Menggunakan Metode IPA (Studi Kasus: Masyarakat Surabaya)

Authors

  • Ahmad Virdauzy Rizky Akbar UPN Veteran Jawa Timur
  • Tri Lathif Mardi Suryanto Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" jawa Timur
  • Eristya Maya Safitri Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.33005/santika.v1i0.61

Keywords:

User Experience, HEART METRICS, Importance Performance Analysis, KAI Access, Diagram Kartesius.

Abstract

Beberapa ulasan mengenai adanya indikasi bahwa user experience pada aplikasi KAI Access tidak berjalan dengan baik dapat mengakibatkan kepuasan pengguna menurun. Hal tersebut merupakan permasalahan yang harus diperhatikan oleh PT. KAI untuk menjaga keberlangsungan aplikasi KAI Access. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis berapa capaian indeks untuk kepuasaan pengguna dan menganalisis hal-hal yang menjadi prioritas untuk ditingkatkan berdasarkan pengalaman pengguna. Metode yang digunakan adalah Importance Performance Analysis. Alat ukur yang digunakan adalah HEART Metrics yaitu Happiness, Engagement, Adoption and retention, dan Task Success. Jumlah responden pada penelitian ini sebanyak 102 responden yang merupakan warga Surabaya yang telah menggunakan aplikasi KAI Access minimal 2 kali penggunaan dan digunakan untuk mencari jadwal kereta api atau pemesanan tiket kereta api. Berdasarkan hasil analisis importance dan performance, terdapat dua item yang harus ditingkatkan prioritasnya, yaitu penggunaan jangka waktu yang lama dan pengalaman penggunaan aplikasi KAI Access bagi pengguna baru untuk melakukan pemesanan tiket kereta api.

References

[1] www.kai.id. (2019). Seluruh KA Lokal Bisa Dibeli Melalui KAI Access. https://www.kai.id/information/full_news/2269-seluruh-ka-lokal-bisa-dibeli-melalui-kai-access.
[2] Kraft, Christian. (2012). User Experience Innovation: User Centered Design that Works. New York City: Apress.
[3] Sohaib, O., Hussain, W., & Badini, M. K. (2011). User Experience (UX) and the Web Accessibility Standards. 8(3), pp.584–587.
[4] Garrett, Jesse James. (2010). The Elements Of User Experience: User Centered Design For The Web and Beyond. Barkeley,CA: New Riders.
[5] Rodden, Kerry., Hutchinson, Hilary., & Fu, Xin. (2010). Measuring the User Experience on a Large Scale: User-Centered Metrics for Web Applications. Proceeding of Human Computer Interaction. Retrieved from ACM Digital Library.
[6] Wiyadi, 2009. Pengukuran Indeks Daya Saing Industri Kecil Menengah (IKM) di Jawa Tengah. Jurnal Siasat Bisnis, 1(13): pp. 77–92.
[7] Martilla, J. A. and James, J.C. (1977). Importance-Performance Analysis. The Journal of Marketting, 41(1), pp. 77-79.FLEXChip Signal Processor (MC68175/D), Motorola, 1996.

Downloads

Published

2020-11-01

How to Cite

Akbar, A. V. R., Suryanto, T. L. M., & Safitri, E. M. (2020). Analisis User Experience Pengguna Aplikasi KAI ACCESS Menggunakan Metode IPA (Studi Kasus: Masyarakat Surabaya). Prosiding Seminar Nasional Informatika Bela Negara, 1, 181–187. https://doi.org/10.33005/santika.v1i0.61

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.