PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI PRIVATE CLOUD COMPUTING MENGGUNAKAN EYEOS PADA SISTEM OPERASI DEBIAN DI PUSKESMAS JATI PADANG

Authors

  • Gusri Andes Firnandes Universitas Pancasila

DOI:

https://doi.org/10.33005/santika.v2i0.69

Keywords:

Cloud computing, open source, EyeOS, Topologi, Web browser

Abstract

Topologi jaringan yang sedang digunakan di Puskesmas Jati Padang saat ini adalah topologi star. Bandwith yang tidak sebanding dengan user yang memakai koneksi untuk menggunakan internet dengan jumlah staff dan pegawai yang lebih dari 20 orang, sehingga dibanding dengan bandwith yang ada hanya 1 MB setiap pegawai hanya mendapatkan jatah sekitar 30 KB saja hanya untuk kegiatan browsing, download dan menyimpan data. Sehingga banyak keluhan ke bagian jaringan Puskesmas Jati Padang lambat dan lelet. Dalam penerapan Cloud computing pada Rumah Sakit Jati Padang dapat berkomputasi dimana sumber daya seperti daya komputasi, media penyimpanan, jaringan dan software dijalankan sebagai layanan melalui media jaringan, bahkan dapat diakses di tempat manapun selama terkoneksi dengan internet. Dalam hal ini untuk dapat membangun jaringan cloud computing sederhana dapat di lakukan pada jaringan lokal/intranet. Banyak sekali software yang berbasis open source terutama Linux mendistribusikannya sebagai basis server cloud computing dan virtualisasi, salah satunya eyeOS. Menjadi salah satu solusi untuk membangun cloud storage yang handal dan dapat di manfaatkan yang bersifat lokal. EyeOS merupakan sistem operasi berbasis web cloud computing yang bersifat open source yang dapat digunakan melalui web browser. Dengan adanya eyeOS, para pegawai yang ada di Puskesmas Jati Padang dapat melakukan penyimpanan data, dan berbagi data dengan mudah dan cepat.

References

[1] EFFENDI, M.R., 2016. Penerapan Teknologi Cloud Computing Di Universitas (Studi Kasus: Fakultas Teknologi Informasi Universitas Bayangkara Jakarta). Jurnal Teknologi Informasi, vol.12, no.1, pp.7-14..
[3] FIKRI, ABDILLAH, L.A., & APRIYANI, E., 2015. Perancangan Teknologi Cloud Untuk Penjualan Online Kain Songket Palembang. Seminar Nasional Sistem Informasi Indonesia, pp.387-392.
[4] KUSDIANA, G.G., SETIYADI, A., 2017. Perancangan dan Implementasi Teknologi Cloud Computing Dengan Layanan Software As A Service, Platform As A Service, Infrastructure As A Service Pada Sistem Informasi Rumah Sakit Sebagai Pelayanan Kesehatan.
[5] Sofana, Iwan, Cloud Computing Terori dan Praktik (OpeNebula,VMware, dan Amazone AWS), Bandung: Informatika, 2012.
[6] Purbo, Onno W. , Membuat Sendiri Cloud Computing Menggunakan Open Source, Yogyakarta: Andi, 2012.
[7] Lumenal, D., Anton, Nainggolan, E.R., 2016, ANALISA DAN PERANCANGAN JARINGAN PRIVATE CLOUD COMPUTING BERBASIS WEB EYEOS.

Downloads

Published

2021-11-25

How to Cite

Firnandes, G. A. (2021). PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI PRIVATE CLOUD COMPUTING MENGGUNAKAN EYEOS PADA SISTEM OPERASI DEBIAN DI PUSKESMAS JATI PADANG. Prosiding Seminar Nasional Informatika Bela Negara, 2, 149–155. https://doi.org/10.33005/santika.v2i0.69

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.