Implementasi Website Sektor Wisata Destinasi Pantai Srau

Authors

  • Dwijo Utomo Rahino Putro Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Leon Dewandaru Pramudyo Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Nafis Pratama Putra Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Sandy Nicholas UPN "Veteran" Jawa Timur
  • Panggih Santri Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Fawwaz Ali Akbar Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur

Keywords:

website wisata, destinasi wisata, pantai srau, peningkatan mutu, peningkatan daya tarik, teknologi digital

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan, mendesain, merancang, dan mengembangkan sebuah website destinasi wisata yang berguna untuk meningkatkan daya tarik wisatawan terhadap Pantai Srau di kabupaten Pringkuku. Di era digital, keberadaan website yang menarik dan informatif sangat esensial bagi pengelola destinasi wisata. Website ini dirancang untuk menampilkan informasi relevan seperti harga tiket, langkah pemesanan daring, dan panduan lokal yang berkaitan dengan Pantai Srau. Selain itu, fitur pemesanan tiket online yang terintegrasi dengan sistem pembayaran cashless dan terhubung dengan halaman admin pengelola wisata juga disertakan untuk memudahkan dan meningkatkan kepercayaan calon wisatawan. Perancangan dan pengembangan website dilakukan menggunakan Visual Studio Code (VSCode) dengan bahasa pemrograman HTML, CSS, JavaScript, PHP, dan MySQL, serta melakukan version-control menggunakan bahasa git melalui github. Penelitian ini telah menyesuaikan kebutuhan calon pengguna untuk mengembangkan website yang menarik dan interaktif, yang bertujuan untuk menambah daya tarik lokasi wisata dan menarik lebih banyak wisatawan. Fitur-fitur website yang telah dirancang, didesain, dan diimplementasikan menunjukkan bahwa keseluruhan fitur sudah valid dan teruji, menjadikan website informatif dan membantu calon wisatawan dalam mengunjungi Pantai Srau melalui fitur pemesanan tiket online yang terintegrasi dengan sistem pembayaran cashless yang memadai dan terhubung dengan halaman admin pengelola wisata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa website yang dikembangkan benar-benar valid, teruji, dan efektif dalam menarik minat wisatawan, serta memudahkan mereka dalam merencanakan kunjungan ke Pantai Srau. Secara keseluruhan, penelitian ini telah berhasil memenuhi tujuan utamanya yaitu menciptakan platform digital yang tidak hanya menarik secara visual tetapi juga fungsional dalam menyediakan informasi dan layanan bagi wisatawan.

References

M. Supriyanto and M. Munadi, "Potensi dan daya tarik wisata pantai pasir putih srau Pacitan," 2008.

R. Riyanto, S. Slamet, and I. D. Kurniawati, "Design and development of Kresek-Madiun village website for information media of natural and culinary tourism potential," J. Syst. Inform. Comput. Sci. Prima, vol. 1, no. 2, pp. 53-60, 2018.

P. S. Hasugian, "Perancangan website sebagai media promosi dan informasi," J. Inf. Pelita Nusantara., vol. 3, no. 1, pp. 1-8, 2018.

Sari, I. P., Azzahrah, A., Qathrunada, I. F., Lubis, N., & Anggraini, T. Perancangan sistem absensi pegawai kantoran secara online pada website berbasis HTML dan CSS. Blend sains jurnal teknik, 1(1), 8-15. 2022.

Mariko, S. Aplikasi website berbasis HTML dan JavaScript untuk menyelesaikan fungsi integral pada mata kuliah kalkulus. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 6(1), 80-91. 2019.

Mubarak, A. Rancang Bangun Aplikasi Web Sekolah Menggunakan Uml (Unified Modeling Language) Dan Bahasa Pemrograman Php (Php Hypertext Preprocessor) Berorientasi Objek. JIKO (Jurnal Informatika dan Komputer), 2(1), 19-25. 2019.

Noviana, R. Pembuatan aplikasi penjualan berbasis web monja store menggunakan php dan mysql. Jurnal Teknik dan Science, 1(2), 112-124. 2022.

G. Y. K. Pradana, Sosiologi pariwisata (Sociology of tourism), 2019.

W. F. Oktaviani and A. Fatchiya, "The Effectiveness of Social Media as a Media Promoting of Umbul Ponggok Tourism, Klaten Regency," J. Commun. Dev., vol. 17, no. 1, pp. 13-27, 2019.

P. Kotler and K. L. Keller, "Marketing Management," 15th ed., Pearson Education, 2016.

L. E. Lewis, "AIDA model," 1898.

E. M. Rogers, "Diffusion of Innovations," 5th ed., Free Press, 2003.

F. D. Davis, "Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, and User Acceptance of Information Technology," MIS Quarterly, 1989.

D. Chaffey and F. Ellis-Chadwick, "Digital Marketing: Strategy, Implementation and Practice," 6th ed., Pearson Education, 2016.

Z. Xiang and U. Gretzel, "Role of social media in online travel information search," Tourism Management, 2010.

Downloads

Published

2024-09-19

How to Cite

Dwijo Utomo Rahino Putro, Leon Dewandaru Pramudyo, Nafis Pratama Putra, Nicholas, S., Panggih Santri, & Fawwaz Ali Akbar. (2024). Implementasi Website Sektor Wisata Destinasi Pantai Srau. Prosiding Seminar Nasional Informatika Bela Negara, 4, 157–165. Retrieved from https://santika.upnjatim.ac.id/submissions/index.php/santika/article/view/438

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.