Pengukuran Tingkat Kematangan Pada E-Dishub Pada Domain Deliver And Support Menggunakan COBIT 4.1 (Studi Kasus : Dinas Perhubungan Kota Surabaya)

Authors

  • Ronggo Alit Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
  • Yisti Vita Via Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
  • Chrystia Aji Putra Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.33005/santika.v1i0.40

Keywords:

E-Dishub, Deliver and Support, COBIT 4.1.

Abstract

Dinas Perhubungan Kota Surabaya merupakan salah satu instansi pemerintah yang berada di Kota Surabaya yang bergerak dalam bidang pelayanan transportasi dan lalu lintas. Dinas Perhubungan Kota Surabaya memiliki misi dalam meningkatkan teknologi informasi di bidang perhubungan. Dalam pemanfatan teknologi tersebut masih kurang optimal, ditandai dengan belum adanya standar operasional yang baku di e-dishub, pengelolaan sumber daya manusia yang masih belum optimal serta masalah keamanan yang merugikan instansi akibat dari kehilangan data-data. Dalam penelitian ini fokus pada domain DS (Deliver and Support). Sub domain yang dipilih yaitu DS5 mengenai memastikan keamanan sistem dan DS11 mengenai mengelola data. Hasil yang didapat yaitu indeks maturity (rata-rata) tingkat kematangan kondisi saat ini E-Dishub yaitu 1,8 yang masuk ke dalam level 2 (repetable but intuitive atau berulang). Yang berarti pada kondisi ini dinas sudah mengalami perkembangan, sudah ada prosedur untuk menjalankan proses yang didefinisikan, namun belum ada pelatihan formal dan prosedur komunikasi yang standar.

References

[1] Carolina, I. (2014). Pengukuran Tingkat Maturity Tata Kelola TI berdasarkan Domain PO Dan AI Menggunakan Cobit 4.1 (Studi kasus : Maharaja Ban Jakarta).
[2] Dinas Pehubungan. 2018. Profil Dinas Perhubungan Kota Surabaya.
[3] Rencana Strategis Dinas Perhubungan Kota Surabaya Tahun 2016-2021
[4] IT Governance Institude (ITGI). 2007. COBIT 4.1. Rolling Meadow: IT Governance Institude
[5] Arumana, A. Rochim, A. F. & Windasari, I. P. (2014). Analisis Tata Kelola Teknologi Informasi Mengunakan Kerangka Kerja Cobit 4.1 Pada Fakultas Teknik Undip.
[6] ISACA. (2007). Cobit 4.1.

Downloads

Published

2020-11-01

How to Cite

Alit, R., Via, Y. V., & Putra, C. A. (2020). Pengukuran Tingkat Kematangan Pada E-Dishub Pada Domain Deliver And Support Menggunakan COBIT 4.1 (Studi Kasus : Dinas Perhubungan Kota Surabaya). Prosiding Seminar Nasional Informatika Bela Negara, 1, 147–152. https://doi.org/10.33005/santika.v1i0.40

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.