Membangun Aplikasi Auto Input RFID Database Menggunakan Event Keyboard Visual Basic 6

Authors

  • Rizky Parlika Program Studi Informatika, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur
  • Devan Cakra Mudra Wijaya Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Arista Pratama Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.33005/santika.v1i0.18

Keywords:

RFID, Event Keyboard, Visual Basic 6, Pemrograman Api, Basis Data

Abstract

Berbagai permasalahan yang harus dihadapi dalam implementasi teknologi komputasi saat ini yaitu input data masih dilakukan secara manual. Dalam proses pemasukan data sering kali mengalami keterlambatan pada saat mengirim data, sehingga kurang efisien. Oleh karena itu, maka perlu diciptakan sebuah inovasi baru di bidang teknologi otomatisasi input database. Pada penelitian ini, kami membangun aplikasi auto input data yang datanya diperoleh dari kartu RFID melalui RFID Reader dengan bantuan fungsi event keyboard, sehingga dapat memasukkan data kedalam database tanpa harus mengetik secara manual. Aplikasi ini berbasis desktop yang dijalankan pada sistem operasi Windows. Tujuan dari penelitian ini yaitu diharapkan nantinya dapat meningkatkan kecanggihan teknologi informasi secara akurat dan otomatis, sehingga dapat memudahkan pekerjaan manusia.

References

[1] B. M. Danta, S. R. Sentinuwo, and M. D. Putro, “Implementasi Teknologi Radio Frequency Identification untuk Identifikasi dan Autentikasi pada Gerbang Masuk diUniversitas Sam Ratulangi Manado,” J. Tek. Inform., 2016.
[2] T. Mildawati, “TEKNOLOGI INFORMASI DAN PERKEMBANGANNYA DI INDONESIA,” EKUITAS (Jurnal Ekon. dan Keuangan), vol. 4, p. 101, 2016.
[3] I. A. Huda, “Perkembangan Teknologi Informasi Dan Komunikasi ( Tik ) Terhadap Kualitas Pembelajaran,” J. Pendidik. dan KONSELING, 2020.
[4] hanifa zakia, “SISTEM INFORMASI MANAJEMEN BERBASIS DATABASE/DBMS DALAM PENGELOLAAN DATA SISWA.” 2019.
[5] R. Yusianto, “OTOMATISASI DATA DENGAN TEKNOLOGI RFID PADA PENGENDALIAN PERSEDIAAN SUPERMARKET,” 2019.
[6] R. Yusianto, “IMPLEMENTASI TEKNOLOGI RFID DALAM PERENCANAAN DAN PENGENDALIAN PERSEDIAAN SISTEM DISTRIBUSI BARANG,” Techno Sci., vol. 4, no. 2, pp. 554–560, 2010.
[7] T. Suprianto, “Penggunaan Keyboard Event dalam Visual Basic 6.0,” Head Electr. Eng. Inf. Technol. Dep, pp. 1–8.
[8] Y. Wanto and S. Dgz, Panduan Lengkap Pemrograman Visual Basic 6.0. 2008.

Downloads

Published

2020-11-01

How to Cite

Parlika, R., Mudra Wijaya, D. C., & Pratama, A. (2020). Membangun Aplikasi Auto Input RFID Database Menggunakan Event Keyboard Visual Basic 6. Prosiding Seminar Nasional Informatika Bela Negara, 1, 97–102. https://doi.org/10.33005/santika.v1i0.18

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.