Prediksi Kualitas Udara Menggunakan Logika Fuzzy Metode Mamdani

Authors

  • Adinda Putri Budi Saraswati Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur

Keywords:

Logika Fuzzy Metode Mamdani

Abstract

Kualitas udara adalah aspek penting dalam lingkungan hidup yang mempengaruhi kesehatan manusia dan ekosistem secara keseluruhan. Dalam upaya untuk memantau dan memprediksi kualitas udara, sistem prediksi kualitas udara termasuk sistem yang kompleks dan tidak pasti, sehingga penggunaan metode fuzzy menjadi salah satu metode yang cukup efisien. Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan Fuzzy Logic dengan metode Mamdani dalam prediksi kualitas udara. Logika Fuzzy memiliki toleransi terhadap data yang tidak tepat. Dalam prediksi kualitas udara ini menggunakan 2 (dua) variable input yaitu PM2.5 dan PM10, serta 2 (dua) variable output yaitu nilai aqi dan kualitas udara sebagai nilai crips yang dihasilkan output untuk prediksi kualitas udara. Berdasarkan pengujian telah dilakukan menggunakan dataset dan studi literatur sebanyak 40 data yang memperoleh tingkat keakuratan sebesar 82.50% dan dapat disimpulkan bahwa penerapan menggunakan fuzzy mamdani dapat melakukan prediksi kualitas udara yang baik.



Kata Kunci—Prediksi,  Kualitas Udara, Logika Fuzzy, Mamdani.

References

Damai Arbaus, D. A. (2016). Kecerdasan Buatan pada Sistem Pintu Otomatis Menggunakan Voice Recognition Berbasis Rasberry PI. Jurnal Ilmu-Ilmu Teknik–Sistem.

Ayuningtias, Laras. (2017). Analisa Perbandingan Logic Fuzzy Metode Tsukamoto, Sugeno dan Mamdani (Studi Kasus : Prediksi Jumlah Pendaftar Mahasiswa Baru Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung). Jurnal Teknik Informatika.

Nasution, Helfi. (2012). Implementasi Logika Fuzzy pada Sistem Kecerdasan Buatan. Jurnal UNTAN.

Hikmah Dwiyanti Nasir, D. Z. (2020). Prediksi Tingkat Polusi Udara Dengan Data Mining. Makassar: Prosiding Seminar Nasional Teknik Elektro dan Informatika (SNTEI).

Nadya Febriany, F. R. (2017). Aplikasi Metode Fuzzy Mamdani dalam Penentuan Status Gizi dan Kebutuhan Kalori Harian Balita menggunakan Software MATLAB. Jurnal EurekaMatika.

Eka Diah Kartiningrum. (2015). Panduan Penyusunan Studi Literatur. Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Politeknik Kesehatan Majapahit.

Septiyani,N.&Agoestanto.A.(2023).Penerapan Logika Fuzzy Mamdani Pada Prakiraan Cuaca Harian di Kabupaten Cilacap. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika6, 786-795.

Prayudha Jaka, dkk. (2018). Implementasi Metode Fuzzy Logic untuk Sistem Pengukuran Kualitas Udara di Kota Medan Berbasis Internet of Things (IoT). Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi.

Downloads

Published

2023-11-03

How to Cite

Adinda Putri Budi Saraswati. (2023). Prediksi Kualitas Udara Menggunakan Logika Fuzzy Metode Mamdani. Prosiding Seminar Nasional Informatika Bela Negara, 3, 113–116. Retrieved from https://santika.upnjatim.ac.id/submissions/index.php/santika/article/view/209

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.