Sistem Pendeteksi Spam Pesan Menggunakan Metode Fuzzy

Authors

  • Vieri Arief Maulana Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
  • Mohammad Agil Rofiqul Zein
  • Deri Farhan Andrian
  • Anggraini Puspita Sari

Keywords:

spam pesan, fuzzy mamdani, keamanan pengguna, pemrosesan informasi, tingkat keberhasilan

Abstract

Spam pesan merupakan masalah umum dalam komunikasi elektronik yang dapat menghambat efisiensi dan mengancam keamanan pengguna. Untuk mengatasi masalah ini, digunakan pendekatan matematis yang dikenal sebagai logika fuzzy, yang mempertimbangkan ketidakpastian dan keambiguan dalam pemrosesan informasi. Dalam konteks deteksi spam pesan, metode fuzzy digunakan untuk menerapkan aturan linguistik yang mencerminkan pengetahuan tentang spam pesan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sistem deteksi spam pesan dengan menggabungkan metode fuzzy Mamdani. Kami melakukan pengujian dalam sistem yang dikembangkan untuk menentukan apakah metode yang di pakai sesuai dengan kebutuhan. Dalam pengujian menggunakan 100 data, hasilnya menunjukkan bahwa metode Mamdani memiliki tingkat keberhasilan 94%, sistem pendeteksi spam pesan yang kami kembangkan memberikan hasil yang baik. Temuan ini menunjukkan bahwa metode Mamdani dapat menjadi pilihan yang efektif dalam mengatasi masalah spam pesan dalam konteks sistem kami.

References

Andani, S. R. (2013). FUZZY MAMDANI DALAM MENENTUKAN TINGKAT KEBERHASILAN DOSEN MENGAJAR. Seminar Nasional Informatika 2013, 9.

Komang Wahyudi Suardika, G. G. (2018). PERBANDINGAN METODE TSUKAMOTO, METODE MAMDANI DAN METODE SUGENO UNTUK MENENTUKAN PRODUKSI DUPA (Studi Kasus : CV. Dewi Bulan). E-Jurnal Matematika Vol. 7 (2), 7.

Nasution, H. (2012). Implementasi Logika Fuzzy pada Sistem Kecerdasan Buatan. ELKHA Vol.4, No 2, 5.

Prawita, D., Karsten, J. & Vinandar, M. Perbandingan Algoritma Pendeteksian Spam. Jurnal Teknologi Terpadu 1, (2015).

Rozi, F., Kartadie, R., Pendidikan Teknologi Informasi, J. & PGRI Tulungagung Jl Mayor Sujadi Timur no, S. DETEKSI E-MAIL DAN SPAM MENGGUNAKAN FUZZY ASSOCIATION RULE MINING.

Sihananto, A. N., Puspita Sari, A., Khariono, H., Akhmad Fernanda, R., & Cakra Mudra Wijaya, D. (2022). Implementasi Metode K-Means Untuk Pengelompokan Kasus Covid-19 Tingkat Provinsi Di Indonesia. Jurnal Informatika Dan Sistem Informasi, 3(1), 76–85. https://doi.org/10.33005/jifosi.v3i1.472

Downloads

Published

2023-11-03

How to Cite

Maulana, V. A., Mohammad Agil Rofiqul Zein, Deri Farhan Andrian, & Anggraini Puspita Sari. (2023). Sistem Pendeteksi Spam Pesan Menggunakan Metode Fuzzy. Prosiding Seminar Nasional Informatika Bela Negara, 3, 6–7. Retrieved from https://santika.upnjatim.ac.id/submissions/index.php/santika/article/view/176

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.