Penentuan Harga Motor Bekas Menggunakan Metode Fuzzy Tsukamoto dan Fuzzy Mamdani

Authors

  • Hafiyan Fazagi Adnanto Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
  • Muh. Irsyad Dwi Kurniawan Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur
  • Mohamad Fasafa Hubaidillah Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
  • Anggraini Puspita Sari Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur

Keywords:

prediksi harga, motor bekas, fuzzy Mamdani, fuzzy Tsukamoto, logika kabur, sistem prediksi, pasar motor bekas.

Abstract

Prediksi harga motor bekas adalah proses penting dalam pasar motor bekas, yang memungkinkan penjual dan pembeli untuk menentukan harga yang wajar berdasarkan kondisi dan atribut motor bekas yang relevan. Dalam penelitian ini, kami mengembangkan model prediksi harga motor bekas menggunakan metode fuzzy Mamdani dan Tsukamoto. Metode fuzzy Mamdani dan Tsukamoto adalah dua pendekatan yang populer dalam sistem fuzzy untuk mengatasi ketidakpastian dan keambiguan dalam pengambilan keputusan. Dalam kedua metode ini, input kabur tentang atribut motor bekas, seperti tahun pembuatan, kondisi fisik, kilometer yang telah ditempuh, dan faktor lainnya, diubah menjadi output kabur berupa perkiraan harga jual motor bekas. Pada tahap awal, data motor bekas yang relevan dikumpulkan dan diproses untuk mendapatkan nilai-nilai kabur untuk setiap atribut. Kemudian, menggunakan metode fuzzy Mamdani, aturan-aturan kabur yang menghubungkan atribut input dengan harga motor bekas ditentukan. Melalui proses inferensi kabur dan agregasi kabur, model fuzzy Mamdani memberikan perkiraan harga motor bekas. Selanjutnya, menggunakan metode fuzzy Tsukamoto, fungsi keanggotaan dan aturan-aturan kabur yang berbeda dikembangkan berdasarkan atribut input dan hubungannya dengan harga motor bekas. Dengan mengaplikasikan logika kabur Tsukamoto, model ini memberikan perkiraan harga motor bekas yang lebih spesifik. Dengan adanya model prediksi harga motor bekas menggunakan metode fuzzy Mamdani dan Tsukamoto, diharapkan penjual dan pembeli motor bekas dapat memperoleh estimasi harga yang lebih objektif dan dapat dipertanggungjawabkan. Ini akan memudahkan mereka dalam mengambil keputusan saat membeli atau menjual motor bekas, serta meningkatkan efisiensi dan transparansi dalam pasar motor bekas.

References

Subagyo, W. H. (2020). PENGARUH BAURAN PEMASARN TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN UNTUK MEMBELI SEPEDA MOTOR BEKAS DI SHOWROOM MULYANA MOTOR CIBINONG. JURISMATA, 2(1), 1-12.

Rustiadi, E. (2018). Perencanaan dan pengembangan wilayah. Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Wahyuni, E. G. (2021). Membandingkan Tingkat Efisiensi Metode Tsukamoto dan Sugeno untuk kasus Pneumonia. Jurnal CoreIT, 7(2).

Ramadhan, L. (2019). Pergeseran Kriteria Pasangan Hidup Bagi Pengguna Media Sosial (Studi Kasus Pada Pencarian Jodoh Melalui Media Sosial Faceboook di Lingkungan Karang Mluwo, kelurahan Mangli, kecamatan Kaliwates, kebupaten Jember) (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember).

Aldo, D. (2019). identifikasi jumlah produksi produk dengan metode fuzzy tsukamoto berbasiS WEB. JURSIMA (Jurnal Sistem Informasi dan Manajemen), 7(1), 49-59.

Nizar, Z. (2021). Penerapan Untuk Merangking Kemiskinan Penerima Bantuan Pkh Menggunakan Metode Simple Multi Attribute Rating Techniquedan Fuzzymamdani (Doctoral dissertation, Universitas Darma Persada).

Prayogi, A., Santoso, E., & Sutrisno, S. (2018). Sistem pendukung keputusan untuk penentuan jumlah produksi nanas menggunakan metode fuzzy tsukamoto. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 2(6), 2032-2037.

Pali, A. G., Setiawan, A. B., Prasetya, D. A., Nachrowie, N., & Sari, A. P. (2017, September). Sistim Selektor Munisi Untuk Industri Militer Dengan Teknologi Mikrokontroler. In Seminar Nasional Sistem Informasi (SENASIF) (Vol. 1, pp. 898-908).

Alimuddin, A. (2020). Teori dan Aplikasi Dasar Sistem Kendali Cerdas.

Rochaety, E., & Tresnati, R. (2022). Kamus Istilah Ekonomi (Edisi Kedua). Bumi Aksara.

NURHIDAYAT, A. Y., & KEBUMIAN, L. D. (2018). MODEL PEMILIHAN MODA TRANSPORTASI PESAWAT TERBANG DENGAN KERETA API CEPAT (HIGH SPEED TRAIN) KORIDOR JAKARTA–SURABAYA MENGGUNAKAN TEKNIK STATED PREFERENCE. Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

Maryam, S., Bu'ulolo, E., & Hatmi, E. (2021). Penerapan Metode Fuzzy Mamdani dan Fuzzy Tsukamoto Dalam Menentukan Harga Mobil Bekas. Journal of Informatics, Electrical and Electronics Engineering, 1(1), 10-14.

Ihsan, M. A., Irawan, J. D., & Auliasari, K. (2020). SISTEM PENENTU KARYAWAN TERBAIK DENGAN METODE FUZZY MAMDANI MENGGUNAKAN RADIO FREQUENCY IDENTIFICATION (RFID) SEBAGAI PRESENSI. JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), 4(2), 150-154.

Marisa, F., Kom, S., Maukar, A. L., Akhriza, T. M., & MMSI, P. D. (2021). Data Mining Konsep Dan Penerapannya. Deepublish.

Ferdiansyah, Y., & Hidayat, N. (2018). Implementasi Metode Fuzzy-Tsukamoto Untuk Diagnosis Penyakit Pada Kelamin Laki Laki. J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput, 2(12), 7516-7520.

Viryawan, R., Suroso, A., & Hasbullah, R. (2021). Integrasi Dan Pengembangan Sistem Machine Learning Pada Kegiatan Maintenance Unit Bgmf Pt. Fi. Jurnal Aplikasi Bisnis dan Manajemen (JABM), 7(3), 787-787.

Hastuti, K. (2023). Perancangan dan Implementasi Sistem Cloud Computing untuk Skalabilitas dan Efisiensi dalam Penyimpanan dan Pemrosesan Data.

Downloads

Published

2023-11-03

How to Cite

Hafiyan Fazagi Adnanto, Muh. Irsyad Dwi Kurniawan, Mohamad Fasafa Hubaidillah, & Anggraini Puspita Sari. (2023). Penentuan Harga Motor Bekas Menggunakan Metode Fuzzy Tsukamoto dan Fuzzy Mamdani. Prosiding Seminar Nasional Informatika Bela Negara, 3, 92–95. Retrieved from https://santika.upnjatim.ac.id/submissions/index.php/santika/article/view/202

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.