Analisis CSF Kualitas Pengajar pada Proses Perkuliahan Daring dalam Mengaplikasikan ICT: Literature Review
DOI:
https://doi.org/10.33005/santika.v1i0.17Keywords:
ICT, Kualitas Pengajar, CSFAbstract
Abstrak— Masuknya teknologi informasi dalam bidang pendidikan merupakan peluang yang berharga untuk melakukan beberapa modifikasi dan inovasi didalamnya. Hal ini digunakan untuk meningkatkan efisiensi sehingga lebih banyak efek positif yang diberikan pada sistem Pendidikan. Untuk mengenali faktor-faktor penting dalam meningkatkan proses belajar mengajar secara daring, maka diusung sebuah model kesuksesan dalam meningkatkan kualitas pengajar menyajikan proses perkuliahan daring secara efektif dan efisien. Penelitian ini akan menganalisis faktor kesuksesan pengajar dalam meyajikan proses perkuliahan daring. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan kepada pengajar untuk meningkatkan kualitas pengajaran secara daring dengan memanfaatkan ICT sebagai media pembelajaran.
References
[2] S. Bidarian, S. Bidarian, and A. M. Davoudi, “A model for application of ICT in the process of teaching and learning,” Procedia - Soc. Behav. Sci., vol. 29, no. 2010, pp. 1032–1041, 2011, doi: 10.1016/j.sbspro.2011.11.336.
[3] O. Zawacki-richter, T. H. Brown, and R. Delport, “Mobile learning = distance education 2 . 0 ?,” no. May 2014, pp. 0–6, 2007.
[4] E. King and R. Boyatt, “Exploring factors that influence adoption of e-learning within higher education,” Br. J. Educ. Technol., vol. 46, no. 6, pp. 1272–1280, 2015, doi: 10.1111/bjet.12195.
[5] D. Al-Fraihat, M. Joy, R. Masa’deh, and J. Sinclair, “Evaluating E-learning systems success: An empirical study,” Comput. Human Behav., vol. 102, no. March 2019, pp. 67–86, 2020, doi: 10.1016/j.chb.2019.08.004.
[6] H. Mohammadi, “Investigating users’ perspectives on e-learning: An integration of TAM and IS success model,” Comput. Human Behav., vol. 45, pp. 359–374, 2015, doi: 10.1016/j.chb.2014.07.044.