Aplikasi Manajemen Hotel berbasis GUI Java Swing

Authors

  • Fikri Raihan Pratama UPN Veteran Jawa Timur
  • Indriani Ayu Puspitasari UPN Veteran Jawa Timur
  • Ersa Valerian Saputra UPN Veteran Jawa Timur
  • Orie Esra Yuwangga UPN Veteran Jawa Timur
  • Bima Sena Adji UPN Veteran Jawa Timur
  • Fawwaz Ali Akbar UPN Veteran Jawa Timur

Keywords:

Aplikasi, Manajemen Hotel, Reservasi, Layanan Customer

Abstract

Industri perhotelan yang berkembang pesat membutuhkan teknologi untuk meningkatkan efisiensi operasional dan layanan. Aplikasi manajemen hotel membantu staf mengelola reservasi, ketersediaan kamar, dan layanan tamu secara efektif, sehingga menghindari kesalahan yang sering terjadi dalam proses manual. Aplikasi ini bertujuan untuk meningkatkan efisiensi operasional, kualitas layanan pelanggan, optimasi ketersediaan kamar, keamanan data, dan daya saing hotel. Dengan fitur-fitur seperti dashboard admin yang intuitif, manajemen data pelanggan yang terintegrasi, manajemen data ruangan yang akurat, serta detail transaksi yang transparan, aplikasi ini memberikan manfaat berupa peningkatan visibilitas performa hotel secara real-time, minimisasi kesalahan operasional, optimalisasi layanan tamu, serta penghematan waktu dan biaya. Implementasi aplikasi ini memungkinkan hotel untuk mengelola operasi secara lebih efektif, memberikan pelayanan yang unggul kepada tamu, serta meningkatkan profitabilitas dan daya saing di pasar yang semakin kompetitif. Dengan demikian, aplikasi manajemen hotel menjadi solusi yang penting bagi industri perhotelan modern untuk tetap relevan dan berkelanjutan, menghadirkan pengalaman yang memuaskan bagi tamu, dan memastikan operasional hotel berjalan lancar dan efisien setiap saat.

References

Suhada, D. I., Rahmadani, D. R., Rambe, M., Fattah, M. A. F., Hasibuan, P. F., Siagian, S., & Wulandari, S. (2022). Efektivitas para pelaku ekonomi dalam menunjang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(10), 3201-3208.

Wirapraja, A., Widiantoro, R., & Jason, J. (2022). Perancangan dan Simulasi Sistem Informasi Manajemen Reservasi Hotel Berbasis Web Dengan Metode Prototyping. Eksekutif, 19(1), 50-66.

Krestanto, H. (2021) ‘Strategi dan Usaha Reservasi untuk Meningkatkan Tingkat Hunian di Grand Orchid Hotel Yogyakarta’, Media Wisata, 17(1).

Bahri, A. F. (2022). Sistem Informasi Manajemen Reservasi Restoran dan Penyewaan Ruangan Berbasis Mobile (Studi Kasus: Begadang Resto). Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi, 3(4), 28-33.

Borman, R. I., Yasin, I., Darma, M. A. P., Ahmad, I., Fernando, Y., & Ambarwari, A. (2020). Pengembangan dan pendampingan sistem informasi pengolahan pendapatan jasa pada PT. DMS Konsultan Bandar Lampung. Journal of Social Sciences and Technology for Community Service (JSSTCS), 1(2).

Surahman, A., Wahyudi, A. D., Putra, A. D., Sintaro, S., & Pangestu, I. (2021). Perbandingan Kualitas 3D Objek Tugu Budaya Saibatin Berdasarkan Posisi Gambar Fotogrametri Jarak Dekat. InfoTekJar: Jurnal Nasional Informatika Dan Teknologi Jaringan, 5(2), 296-301.

Megawaty, D. A., Setiawansyah, S., Alita, D., & Dewi, P. S. (2021). Teknologi dalam pengelolaan administrasi keuangan komite sekolah untuk meningkatkan transparansi keuangan. Riau Journal of Empowerment, 4(2), 95-104.

Rozi, I. A., & Khuzaini, K. (2021). PENGARUH HARGA, KERAGAMAN PRODUK, KUALITAS PELAYANAN DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI MARKETPLACE SHOPEE. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen (JIRM), 10(5).

Rohmanto, R., & Setiawan, T. (2022). Perbandingan Efektivitas Sistem Pembelajaran Luring dan Daring Menggunakan Metode Use case dan Sequence Diagram. INTERNAL (Information System Journal), 5(1), 53-62.

Ardhana, V. Y. P. (2021). Pemodelan Activity Diagram Untuk Perancangan Sistem Informasi Rekam Medis Pada Klinik. Jurnal Kesehatan Qamarul Huda, 9(2), 106-109.

Apriadi, H., Amalia, F., & Priyambadha, B. (2019). Pengembangan Aplikasi Kakas Bantu Untuk Menghitung Estimasi Nilai Modifiability Dari Class Diagram. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 3(11), 10605-10613.

Makhi, A., & Fauzan, A. C. (2022). Sistem Informasi Manajemen Administrasi Pada Lembaga Sertifikasi Profesi P1 Universitas Nahdlatul Ulama Blitar Menggunakan Model Rapid Application Development. Jurnal Aplikasi Teknologi Informasi Dan Manajemen (JATIM), 3(1), 21-34.

Maslina, M., Pratiwi, R., & Ridho, A. M. (2023). ANALISIS PENJADWALAN PROYEK REHABILITASI JALAN PRESERVASI JALAN KERANG –KUARO KALIMANTAN TIMUR MENGGUNAKAN METODE PDM DAN PERT: SCHEDULING ANALYSIS OF THE REHABILITATION PROJECT PRESERVATION ROAD KERANG ROAD –KUARO EAST KALIMANTAN USING PDM AND PERT METHODS. Jurnal Ilmiah Teknik Sipil TRANSUKMA, 5(2), 94-104.

Hartati, E. (2022). Sistem Informasi Transaksi Gudang Berbasis Website Pada Cv. Asyura. Klik-Jurnal Ilmu Komputer, 3(1), 12-18

Londjo, M. F. (2021). Implementasi White Box Testing Dengan Teknik Basis Path Pada Pengujian Form Login. Jurnal Siliwangi Seri Sains dan Teknologi, 7(2).

Downloads

Published

2024-09-05

How to Cite

Fikri Raihan Pratama, Indriani Ayu Puspitasari, Ersa Valerian Saputra, Orie Esra Yuwangga, Bima Sena Adji, & Fawwaz Ali Akbar. (2024). Aplikasi Manajemen Hotel berbasis GUI Java Swing. Prosiding Seminar Nasional Informatika Bela Negara, 4, 205–214. Retrieved from https://santika.upnjatim.ac.id/submissions/index.php/santika/article/view/450

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.