Implementasi Algoritma Fisher-Yates Sebagai Pengacak Urutan Soal
DOI:
https://doi.org/10.33005/santika.v1i0.57Keywords:
Quiz, Android, Fisher-Yates AlgorithmAbstract
Kuis merupakan suatu hal yang tidak asing lagi bagi semua orang. Dimana hampir setiap orang dari usia muda hingga tua pasti pernah merasakan menjawab pertanyaan dari sebuah kuis baik itu dalam konteks pendidikan seperti pada saat melakukan ujian atau tes atau hanya sebagai hiburan atau permainan dan bahkan digunakan sebagai tema pada beberapa acara televisi. Untuk menjawab kuis pun dapat dilakukan melalui media apapun baik secara lisan maupun tulisan, dimana untuk tulisan bisa dilakukan melalui media cetak atau elektronik. Namun pada zaman modern ini yang hampir semua hal dilakukan melalui media elektronik, sehingga dalam penelitian ini, dibuatlah sebuah aplikasi kuis yang dapat diakses melalui smartphone berbasis Android. Dimana pada aplikasi ini akan diterapkan algoritma Fisher-Yates Shuffle sebagai pengacak urutan soal agar pemain tidak mudah bosan. Dalam pengembangannya, penerapan algoritma Fisher-Yates Shuffle pada aplikasi menunjukkan bahwa algoritma tersebut dapat mengacak urutan soal setiap memulai permainan baru dan juga hasil pengacakannya yang tidak berganda.
References
[2] Wikipedia, (2008) Quiz on Wikipedia. [Online], https://en.wikipedia.org/wiki/Quiz , tanggal akses: 20 May 2020.
[3] Fadholi, M Aprilian, “Tes Ujian Masuk Peserta Didik Baru Menggunakan Shuffling Algorithm di Madrasah Aliyah Negeri 1 Boyolali” S1. skripsi, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Yogyakarta, Jawa Tengah, 2014.
[4] Ahmadul, Hadi, “Pengembangan Sistem Informasi Ujian Online Berbasis Web dengan Pengacakan Soal Menggunakan Algoritma Fisher-Yates Shuffle,” Dept. Teknologi Informasi dan Pendidikan, UNP, ISSN : 2086 - 4981, 2014.
[5] Ekojono “Penerapan Algoritma Fisher-Yates Pada Pengacakan Soal Game Aritmatika,” SENTIA., hal. 95 - 100, 2017.