Penerapan Metode Waterfall dalam Perancangan Aplikasi Streaming Musik “Rhythms” Berbasis Android

Authors

  • Rafani Bardatus Salsabilah
  • Anya Ningrum Nur’afifah
  • Ananda Ayu Puspitaningrum
  • Muharrom Al-Haromainy

Keywords:

Perkembangan Teknologi, Streaming Musik, Android, Metode Waterfall, Pengembangan Aplikasi

Abstract

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah mengubah cara manusia mengakses dan menikmati musik secara drastis. Era digital telah memperkenalkan platform-platform streaming musik, seperti Spotify dan JOOX, yang telah merevolusi industri musik dengan memungkinkan pengguna untuk mendengarkan musik favorit mereka secara online tanpa batas waktu dan tempat. Dalam konteks ini, Android, sebagai sistem operasi mobile yang dominan, memberikan landasan yang luas bagi pengembangan aplikasi streaming musik yang inovatif dan user-friendly. Penelitian ini menerapan metode Waterfall dalam perancangan aplikasi streaming musik "Rhythms" berbasis Android. Metode Waterfall, dengan pendekatan yang sistematis dan berurutan, memastikan setiap tahap pengembangan diselesaikan dengan baik sebelum melanjutkan ke tahap berikutnya. Tahap analisis kebutuhan menjadi kunci dalam memastikan bahwa aplikasi yang dihasilkan dapat memenuhi kebutuhan dan harapan pengguna. Hasil analisis ini kemudian diterjemahkan ke dalam desain sistem dan perangkat lunak. Proses implementasi aplikasi dilakukan dengan menggunakan teknologi React Native, dengan fokus pada pengujian unit untuk memastikan fungsionalitas yang optimal. Pengujian integrasi dan sistem kemudian dilakukan untuk memastikan bahwa semua komponen berinteraksi dengan baik dan sesuai dengan harapan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode Waterfall berhasil menghasilkan aplikasi "Rhythms" yang tidak hanya berfungsi dengan baik, tetapi juga memenuhi kebutuhan pengguna dengan baik. Aplikasi ini memberikan pengalaman mendengarkan musik yang fleksibel, user-friendly, dan sesuai dengan tren saat ini dalam industri musik digital.

References

G. Wahyu Dewatara and S. Monik Agustin, “PEMASARAN MUSIK PADA ERA DIGITAL DIGITALISASI INDUSTRI MUSIK DALAM INDUSTRI 4.0 DI INDONESIA,” 2019.

S. Yollis and M. Netti, “Spotify: Aplikasi Music Streaming untuk Generasi Milenial,” 2018.

C. B. Habibi and Irwansyah, “KONSUMSI DAN PRODUKSI MUSIK DIGITAL PADA ERA INDUSTRI KREATIF,” Journal Of Communication Studies, 2020.

“IFPI issues Global Music Report 2021"Global recorded music revenues grow 7.4%",” Mar. 2021. Accessed: Aug. 04, 2024. [Online]. Available: https://www.ifpi.org/ifpi-issues-annual-global-music-report-2021/

R. Masdaner and P. Ruliana, “Electronic Word Of Mouth Dan Brand Image Dalam Minat Beli Layanan Aplikasi Musik Spotify,” vol. 4, no. 2, 2021, [Online]. Available: http://jayapanguspress.penerbit.org/index.php/ganaya

A. A. Wahid, “Analisis Metode Waterfall Untuk Pengembangan Sistem Informasi,” 2020, [Online]. Available: https://www.researchgate.net/publication/346397070

F. Ridho and R. Soelistijadi, “PERANCANGAN APLIKASI PEMESANAN MAKANAN RINGAN BERBASIS OBJECT ORIENTEDDENGAN METODE WATERFALL,” 2019.

E. Listiyan and E. R. Subhiyakto, “Rancang Bangun Sistem Inventory Gudang Menggunakan Metode Waterfall (Studi Kasus Di CV. Aqualux Duspha Abadi Kudus Jawa Tengah)”.

Hardiyanto, Abdussomad, E. Haryadi, R. Sopandi, and Asep, “PENERAPAN MODEL WATERFALL DAN UML DALAM RANCANG BANGUN PROGRAM PEMBELIAN BARANGBERORIENTASI OBJEK PADA PT. FUJITA INDONESIA,” Jurnal Interkom, vol. 13, p. 4, 2019.

A. Regia Raffin and A. Sari Wardani, “Sistem Informasi Penjualan Berbasis Android Pada Outlet Marboba,” JITEKH, vol. 10, no. 1, pp. 45–51, 2022.

H. P. Putra and A. Herlambang, “Sistem Informasi Pelayanan polisi Berbasis Web,” Science And Engineering National Seminar, vol. 7, no. 7, 2022.

V. Olindo and A. Syaripudin, “Perancangan Sistem Informasi Absensi Pegawai Berbasis Web Dengan Metode Waterfall (Studi Kasus : Kantor Dbpr Tangerang Selatan),” OKTAL : Jurnal Ilmu Komputer dan Science, vol. 1, no. 01, 2022.

M. Iqbal Maliki, “RANCANG BANGUN APLIKASI PENJUALAN GROSIR SEMBAKO PADA TOKO LA-RIS,” Jurnal Informatika dan Rekayasa Perangkat Lunak (JATIKA), vol. 2, no. 3, pp. 304–311, 2021, [Online]. Available: http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/informatika

R. Aditya, V. Handrianus Pranatawijaya, P. Bagus Adidyana Anugrah Putra, J. Hendrik Timang, K. Palangkaraya, and K. Tengah, “Rancang Bangun Aplikasi Monitoring Kegiatan Menggunakan Metode Prototype,” 2021.

S. Pranoto, S. Sutiono, and D. Nasution, “Penerapan UML Dalam Perancangan Sistem Informasi Pelaporan Dan Evaluasi Pembangunan Pada Bagian Administrasi Pembangunan Sekretariat Daerah Kota Tebing Tinggi,” SURPLUS : JURNAL EKONOMI DAN BISNIS, vol. 2, no. 2, pp. 384–401, 2024.

Downloads

Published

2024-09-18

How to Cite

Rafani Bardatus Salsabilah, Anya Ningrum Nur’afifah, Ananda Ayu Puspitaningrum, & Muharrom Al-Haromainy. (2024). Penerapan Metode Waterfall dalam Perancangan Aplikasi Streaming Musik “Rhythms” Berbasis Android. Prosiding Seminar Nasional Informatika Bela Negara, 4, 81–87. Retrieved from https://santika.upnjatim.ac.id/submissions/index.php/santika/article/view/391

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.

Similar Articles

<< < 8 9 10 11 12 13 

You may also start an advanced similarity search for this article.