Pengujian Aplikasi Bangbeli Pada Perusahaan PT. Doa Anak Digital Menggunakan User Acceptance Test Dan Regression Testing
Keywords:
regression testing, user acceptance test, pengujian, fungsionalitas, aplikasiAbstract
Aplikasi bangbeli bertujuan untuk memberdayakan pertumbuhan, mendemokratisasi layanan keuangan dan mendorong masyarakat tanpa uang tunai di Indonesia. Pada Januari 2023 ini Bangbeli telah memiliki sekitar 14.000 mitra terdaftar yang tersebar di 11 provinsi di seluruh Indonesia Dalam upaya untuk meningkatkan jumlah pengguna aplikasi Bangbeli dilakukan pengembangan perangkat lunak, dalam pengembangan ini perlu adanya pengujian dengan tujuan memastikan bahwa perubahan dan penambahan yang dilakukan tidak mengganggu fungsionalitas yang sudah ada sebelumnya. Untuk mencapai hal ini, diperlukan pengujian yang meliputi regression testing dan user acceptance test. Regression testing digunakan untuk memvalidasi perubahan yang telah dilakukan pada aplikasi, sementara user acceptance test bertujuan untuk mendapatkan validasi dari pengguna terkait persyaratan bisnis dan fungsionalitas aplikasi yang dikembangkan. Hasil pengujian menunjukkan bahwa aplikasi yang dikembangkan memiliki tingkat efektivitas sebesar 80,38%. Selain itu, hasil user acceptance test mencakup penilaian terhadap tiga aspek yaitu desain tampilan, kemudahan penggunaan, dan efisiensi. Persentase setuju dari pengguna terhadap masing-masing aspek adalah 69,64% untuk desain tampilan, 71,12% untuk kemudahan penggunaan, dan 68,76% untuk efisiensi. Berdasarkan hasil pengujian, terdapat beberapa rekomendasi perbaikan yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas aplikasi.
References
Bangbeli. (2022). Profil Bangbeli. https://bangbeli.id/
Departemen Komunikasi Bank Indonesia. (2020, December 11). Mengenal Financial Teknologi. https://www.bi.go.id/id/edukasi/Pages/mengenal-Financial-Teknologi.aspx
Luginawati, S., & Wahyu, A. P. (2023). Pengujian Perangkat Lunak Menggunakan Metode Regression Testing Pada Aplikasi Pembelajaran Matematika Untuk Siswa Tingkat Smp Berbasis Android. JURNAL SYNTAX IDEA, 5(1). https://doi.org/10.36418/syntax-idea.v3i6.1227
Maspupah, A., & Bakhrun, A. (2021). Perbandingan Kemampuan Regression Testing Tool Pada Regression Test Selection: Starts Dan Ekstazi. JTT (Jurnal Teknologi Terapan) 7(1). https://github.comTestingResearchIllinois/starts.
Munthe, R., Santosa, P. I., & Ferdiana, R. (2020). User Acceptance Test Terhadap Aplikasi Augmented Reality Quivervision 3d Sebagai Media Pembelajaran Mewarnai. SYSTEMATICS, 2(3).
Priyatna, B., Hananto, A. L., & Nova, M. (2020). Application of UAT (User Acceptance Test) Evaluation Model in Minggon E-Meeting Software Development. SYSTEMATICS, 2(3), 110–117.
Rianto, I. (2021). Rekayasa Perangkat Lunak (I. Rianto, Ed.; Keenam, Vol. 239). Lakeisha.
Alfian, A. N., Putra, M. Y., Rafsanjani, R., & Witjaksono, A. P. (2022). User Acceptance Test Terhadap Aplikasi Augmented Reality Quivervision 3d Sebagai Media Pembelajaran Mewarnai. INFORMATICS FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS, 6(2). http://www.quivervision.com/coloring-packs/.