Sistem Rekomendasi dalam Pembelian Rumah Menggunakan Logika Fuzzy Tsukamoto dan Sugeno

Authors

  • Muhammad Revanza Universitas Pembangunan Nasional Jawa Timur
  • Isfa Fadil Muhammad UPN Veteran Jawa TImur
  • Doding Laswadana Universitas Pembangunan Nasional Jawa Timur
  • Anggraini Puspita Sari Universitas Pembangunan Nasional Jawa Timur

Keywords:

sistem rekomendasi, pembelian rumah, logika fuzzy, Tsukamoto, Sugeno, analisis data, beli, rumah, fuzzy, Tsukamoto, Sugeno, rekomendasi

Abstract

Seiring perkembangan zaman, harga rumah semakin melonjak naik dan semakin melambung tinggi. Begitu pula rumah yang berada di Jakarta Selatan. Beberapa orang yang tinggal di daerah tersebut ingin membeli rumah untuk memenuhi kebutuhan jasmaninya. Ketika sebuah harga rumah tidak sepadan dengan Luas Tanah dan Luas Bangunan maka akan menjadikan sebuah masalah baru. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sistem rekomendasi dalam pembelian rumah menggunakan logika fuzzy Tsukamoto dan fuzzy Sugeno. Sistem ini dirancang untuk membantu calon pembeli rumah dalam mengambil keputusan yang lebih bijaksana dan efisien dalam memilih rumah yang sesuai dengan preferensi dan kebutuhan mereka. Metode penelitian yang digunakan meliputi studi pustaka, analisis data, dan pengembangan sistem. Dalam penelitian ini, program menggunakan logika fuzzy Tsukamoto dan fuzzy Sugeno untuk mengolah data rumah yang meliputi harga, luas tanah, dan luas bangunan. Melalui aturan fuzzy yang telah dibuat, program dapat memberikan rekomendasi pembelian rumah berdasarkan preferensi calon pembeli. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sistem rekomendasi yang dikembangkan memiliki akurasi yang baik dalam memprediksi kelayakan rumah dimana fuzzy Sugeno mendapatkan 66,6 % dan fuzzy Tsukamoto mendapatkan 78,1% berdasarkan dataset penjualan harga rumah di Jakarta Selatan.

 

References

Tsukamoto, Y. (1979). An approach to fuzzy reasoning method. In Proceedings of the IFAC Symposium on Fuzzy Information, Knowledge Representation and Decision Analysis (pp. 469-474).

Sugeno, M. (1985). Industrial applications of fuzzy control. Elsevier Science Publishers.

Zadeh, L. A. (1965). Fuzzy sets. Information and Control, 8(3), 338-353.

Wisnuanggara, A. (2021). Daftar Harga Rumah. Kaggle. [Online]. Tersedia:

Ayuningtias, L. P., & Jumadi, J. (2017). Analisa perbandingan logic fuzzy metode tsukamoto, sugeno, Dan mamdani (Studi kasus: Prediksi jumlah pendaftar mahasiswa baru fakultas sains Dan teknologi universitas Islam negeri sunan gunung djati Bandung). Jurnal Teknik Informatika UIN Syarif Hidayatullah, 10(1), 133582.

Astuti, D. P. P., & Mashuri, M. (2020). Penerapan Metode Fuzzy Tsukamoto dan Fuzzy Sugeno dalam Penentuan Harga Jual Sepeda Motor Bekas (Studi Kasus: Showroom Mulyo Motor). UNNES Journal of Mathematics, 9(2), 74-78.

Suardika, K. W., Gandhiadi, G. K., & Harini, L. P. I. (2018). Perbandingan Metode Tsukamoto, Metode Mamdani dan Metode Sugeno Untuk Menentukan Produksi Dupa. E-Jurnal Matematika, 7(2), 180-186.

Maryam, S., Bu'ulolo, E., & Hatmi, E. (2021). Penerapan Metode Fuzzy Mamdani dan Fuzzy Tsukamoto Dalam Menentukan Harga Mobil Bekas. Journal of Informatics, Electrical and Electronics Engineering, 1(1), 10-14.

Sutara, B., & Kuswanto, H. (2019). Analisa perbandingan fuzzy logic metode Tsukamoto, Sugeno, Mamdani dalam penentuan keluarga miskin. Jurnal Infotekmesin, 10(02), 38-49.

Pinontoan, S., & Musdar, I. A. (2019). Perbandingan Metode Fuzzy Sugeno Dengan Fuzzy Tsukamoto Pada Sistem Prediksi Harga Smartphone Bekas Berbasis Android Di Wilayah Makassar. KHARISMA Tech, 14(1), 34-42.

RULE, D. T. B. (2020). Analisis Perbandingan Fuzzy Tsukamoto Dan Sugeno Dalam Menentukan Jumlah Produksi Kain Tenun Menggunakan Base Rule Decision Tree.

Khairina, N. (2016). Analisis Fungsi Keanggotaan Fuzzy Tsukamoto Dalam Menentukan Status Kesehatan Tubuh Seseorang. Sinkron: jurnal dan penelitian teknik informatika, 1(1), 19-19.

Salendah, J., Kalele, P., Tulenan, A., & Joshua, J. S. R. (2022, September). Penentuan Beasiswa Dengan Metode Fuzzy Tsukamoto Berbasis Web Scholarship Determination Using Web Based Fuzzy Tsukamoto Method. In Proceeding Seminar Nasional Ilmu Komputer (Vol. 2, No. 1, pp. 81-90).

Zarkasi, A., Lestari, U., & Kumalasari, E. (2015). Penerapan Sistem Pendukung Keputusan Metode Fuzzy Tsukamoto dalam Pengoptimalan Produksi Barang Berdasarkan Data Persediaan dan Jumlah Permintaan di Loverandliars Cloth. Jurnal Script, 01-10.

Akhirina, T. Y., & Sonny, M. (2017). Fuzzy Inference System (FIS) dengan Metode Tsukamoto dan Mamdani dalam Menentukan Kelayakan Kenaikan Gaji Karyawan. Jurnal Komtika (Komputasi dan Informatika), 1(2), 7-14.

Downloads

Published

2022-11-03

How to Cite

Revanza, M. ., Isfa Fadil Muhammad, Laswadana, D. ., & Sari, A. P. (2022). Sistem Rekomendasi dalam Pembelian Rumah Menggunakan Logika Fuzzy Tsukamoto dan Sugeno . Prosiding Seminar Nasional Informatika Bela Negara, 3, 151–154. Retrieved from https://santika.upnjatim.ac.id/submissions/index.php/santika/article/view/224

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.

Similar Articles

<< < 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.