PENERAPAN STRATEGI DIGITAL MARKETING UNTUK PENINGKATAN PROMOSI DI INSTAGRAM PADA UMKM (STUDI KASUS CV. SATOEASA UNTUK INDONESIA)

Authors

  • Muhammad Nur Kamil Almubaroq Mahasiswa
  • Sadr Lufti Mufreni Universitas Aisyiyah Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.33005/santika.v2i0.129

Keywords:

Penerapan Digital Marketing, Promosi, Instagram, umkm

Abstract

Pada era industri 4.0, digital marketing merupakan media pemasaran yang mempunyai pengaruh sangat besar. Dengan memanfaatkan digital marketing, media sosial dapat menjadi salah satu alternatif strategi untuk memudahkan para pelaku bisnis dalam meningkatkan promosi. Dalam promosi hal utama adalah membuat pesan persuasif yang efektif agar menarik perhatian pelanggan. Media sosial Instagram saat ini mempunyai peluang besar bagi para pelaku bisnis untuk mengembangkan bisnis dengan melakukan promosi produknya. Namun, penggunaannya belum banyak disadari oleh para pelaku bisnis Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Penelitian ini bertujuan untuk: 1) meningkatkan pengetahuan dan kemampuan para UMKM untuk promosi produknya, 2) peningkatan penguasaan strategi digital marketing pada UMKM untuk melakukan promosi menggunakan Instagram. Pada penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, studi pustaka, dan wawancara. Metode pelaksanaan meliputi : 1) pengenalan software, 2) membuat desain caption, 3) membuat ide bisnis, 4) wawancara dengan UMKM, 5) pembuatan artikel jurnal. Hasil penelitian adalah terwujudnya semua target kegiatan, kerjasama mitra terjalin dengan baik, pemahaman strategi digital marketing pada para UMKM, dan meningkatnya promosi produk UMKM di Instagram sehingga mempunyai jangkauan yang lebih luas.

References

[1] A. M. Afrilia, “Digital Marketing Sebagai Strategi Komunikasi,” Jurkom, Riset Komunikasi, vol. 1, no. 1, hal. 147-157, 2018.
[2] Yosa Maulana. (2018) UKM Harus Manfaatkan Perkembangan Digital. [Online]. https://swa.co.id/swa/csr-corner/yuswohady-ukm-harus-manfaatkan-perkembangan-digital, tanggal akses: 3 Juli 2021.
[3] A. Wardana, “Stratefi Digital Marketing dan Implikasinya Pada Keunggulan Bersaing UKM di Indonesia,” Prosiding Seminar Nasional: Forum Keuangan dan Bisnis IV, 2015, hal. 100.
[4] D. Purwana, R. Rahmi, dan S. Aditya, “Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit,” Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani, vol. 1, no.1, hal. 1-17, Mei 2017.
[5] P. D. Saputro, F. Ulya, dan Mustaqim, “Pengenalan Google My Business untuk Pemanfaatan Digital Marketing pada Era E-commerce dan Media Sosial,” Jurnal Pengabdian Balerang, vol. 2, no.1, hal. 20-24, Januari 2020.
[6] R. P. Sari, D.T. Santoso, dan D. Puspita, “Analisis Kesiapan UMKM Kabupaten Karawang terhadap Adopsi Cloud Computing dalam Konteks Industri 4.0,” Jurnal Teknik Industri, vol.15, no. 2, hal.63-72, Juni 2020.
[7] Simon Kemp. (2020) Digital in Southeast Asin in 2017. [Online]. http://wearesocial.com/special-reports/digital-southeast-asia-2020, tanggal akses: 3 Juli 2021.
[8] Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia. (2017) Infografis Penetrasi dan Perilaku Pengguna Internet Indonesia Survey 201. [Online]. https://apjii.or.id/survei%202017, tanggal akses: 3 Juli 2021.
[9] F. Rachmawati, “Penerapan Digital Marketing sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu Produk Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Pahlawan Ekonomi Surabaya,” Skripsi, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, Surabayam, 2018.
[10] Ali, H, Marketing dan Kasus-kasu Pilihan, Yogyakarta: CAPS, 2013.
[11] D. Chaffey, F. E. Chadwick, R. Mayer, dan K. Johnson, Internet Marketing: Startegy, Implementation, and Practice, United States: Prentice Hall, 2009.
[12] R. Sanjaya, dan J. Taringan, Creative Digital Marketing, Jakarta: ELex Media Komputindo, 2009.
[13] F. Rangkuti, Strategi Promosi yang Kreatif dan Analisis Kasus Integrated Marketing Communications, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, 2009.
[14] D. N. Sari, dan A. Basit, “Media Sosial Instagram sebagai Media Informasi Edukasi,” Persepsi: Communication Journal, vol. 3, no. 1, hal. 23-36, 2020.
[15] John W Creswell, Educational Research, Planning, Conducting, and Evaluating Qualitative and Quantitative Approaches, London: Sage Publictions, 2008.
[16] D. S. Puspitarini, dan R. Nuraeni, “Pemanfaatan Media Sosial sebagai Media Promosi (Studi Deskriptif pada Happy Go Lucky House),” Jurnal Common, vol. 3, no. 1, hal. 71-80, Juni 2019.
[17] N. Coviello, R. Milley, dan B, Marcolin, “Understanding it-enable Interactivity in Contemporary Marketing,” Journal of Interactive Marketing, vol. 15, no. 4, hal. 18-33, 2001.
[18] M. T. Febriyantoro, dan D. Arisandi, “Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean,” Jurnal Manajemen Dewantara, vol. 1, no. 2, hal. 62-76, Desember 2018.

Downloads

Published

2021-11-25

How to Cite

Almubaroq, M. N. K., & Mufreni, S. L. (2021). PENERAPAN STRATEGI DIGITAL MARKETING UNTUK PENINGKATAN PROMOSI DI INSTAGRAM PADA UMKM (STUDI KASUS CV. SATOEASA UNTUK INDONESIA). Prosiding Seminar Nasional Informatika Bela Negara, 2, 214–218. https://doi.org/10.33005/santika.v2i0.129

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.