Pengembangan Aplikasi Ensiklopedia Indonesia Dengan Pemrograman Berbasis Objek Menggunakan Java Swing

Authors

  • Albi Akhsanul Hakim UPN "VETERAN" Jawa Timur
  • Alexander Stefanus Pakpahan
  • Dian Maharani
  • Salsa Pramudhita Agustiardani
  • Abi Eka Putra Wulyono
  • Fawwaz Ali Akbar

Keywords:

aplikasi, ensiklopedia, pemrograman berbasis objek, java swing

Abstract

Pemahaman dan pengetahuan masyarakat tentang Indonesia merupakan langkah awal membangun kesadaran masyarakat untuk melestarikan kekayaan yang dimiliki oleh Indonesia. Hal ini bertujuan agar kekayaan Indonesia dapat diwariskan kepada generasi mendatang. Perkembangan teknologi yang semakin canggih membuat masyarakat dengan mudah dan leluasa mengakses informasi apapun yang mereka inginkan Dengan memanfaatkan perkembangan teknologi, informasi akan lebih mudah diakses setiap saat dan di berbagai tempat. Salah satunya yaitu dengan aplikasi ensiklopedia. Aplikasi ensiklopedia Indonesia merupakan aplikasi dekstop yang menyediakan  yang menyediakan informasi tentang kekayaan Indonesia, seperti budaya, sejarah, suku, dan geografi. Pada penelitian ini, pengembnangan aplikasi menggunakan konsep pemrograman berorientasi objek pada Java Swing dan menggunakan metode waterfall. Tujuan pengembangan aplikasi ini untuk memberikan pengalaman pengguna dan meningkatkan akses terhadap pengetahuan tentang Indonesia. Aplikasi ini beberapa fitur-fitur yang disesuaikan dengan kebutuhan pengguna, yaitu login, register, buat artikel, menampilkan artikel, mengedit dan menghapus artikel,  bookmark, dan profil pengguna, serta manage artikel. Uji coba oleh pengguna menunjukkan bahwa antarmuka pengguna yang dirancang dengan Java Swing sangat intuitif dan mudah digunakan.

References

Menekan tombol Manage Artikel Sistem akan menampilkan halaman yang berisikan pengajuan penerbitan artikel dari User kepada Admin untuk mendapatkan verifikasi. Sesuai Valid

Menekan tombol Deny Sistem akan menampilkan status tersebut pada halaman Artikel User Sesuai Valid

Menekan tombol Accepted Sistem akan menampilkan status tersebut pada halaman Artikel User Sesuai Valid

IV. KESIMPULAN

Penelitian ini berhasil merancang dan mengembangkan aplikasi desktop untuk untuk ensiklopedia budaya, sejarah, suku, dan geografi menggunakan Java Swing. Aplikasi ini mencakup fitur-fitur utama yang diperlukan untuk menjelajahi artikel dalam berbagai aspek budaya, sejarah, suku, dan geografi. Dari hasil dan pembahasan juga menunjukkan bahwa aplikasi ini mampu meningkatkan akses informasi dan memperkuat pemahaman pengguna serta meningkatkan minat belajar pengguna dengan adanya fitur membuat artikel.

Uji coba oleh pengguna menunjukkan bahwa antarmuka pengguna yang dirancang dengan Java Swing sangat intuitif dan mudah digunakan. Secara keseluruhan, aplikasi ini memberikan solusi yang efektif untuk mempelajari budaya, sejarah, suku, dan geografi. Penelitian ini juga membuka peluang untuk pengembangan lebih lanjut, seperti integrasi dengan platform edukasi online atau penambahan fitur personalisasi untuk meningkatkan pengalaman belajar pengguna. Dengan demikian, aplikasi ini diharapkan dapat berkontribusi pada peningkatan literasi dan pengetahuan masyarakat tentang budaya, sejarah, suku, dan geografi.

REFERENSI

N. Y. Sari, “Pancasila Sebagai Dasar dan Ideologi Bangsa (Pentingnya Rumusan Butir-Butir Pancasila Sebagai Dasar Pendidikan Moral dan Pemersatu Keberagaman Bangsa Indonesia)”, tarbawi, vol. 2, no. 1, pp. 01-21, Jan. 2021.

Z. Hasan, A. Farhan , A. L. Tobing, H. I. Rajasa, R. F. Nugraha, and W. R. Herpa, “Peran Serta Masyarakat dalam Melestarikan Budaya Lokal sebagai Identitas Bangsa untuk Menjaga Keutuhan NKRI”, Doktrin, vol. 2, no. 3, pp. 01–15, May 2024.

D. Setiawan, “Dampak Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi Terhadap Budaya”, SIMBOLIKA, vol. 4, no. 1, pp. 62–72, Apr. 2018.

“Ensiklopedia- KBBI VI Daring,” kbbi.kemdikbud.go.id. https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/ensiklopedia (diakses 12 Juni 2024).

R. Hidayat, A. Satriansyah, and M. S. Nurhayati, “Penggunaan Metode Waterfall untuk Rancangan Bangun Aplikasi Penyewaan Lapangan Olahraga ”, bios, vol. 3, no. 1, pp. 9-16, Mar. 2022.

Saputra, H., Assegaff, S., Martono. “Perancangan Aplikasi Ensiklopedia Penyakit Dengan Terapi Herbal Berbasis Android.” Jurnal Ilmiah Media Processor Vol.10 No.2 Oktober 2015

Setiyowati, S. Siswanti, Perancangan Basis Data dan Pengenalan SQL Server Management Studio, 2021.

Fridayanthie, E. W., Charter, J. “Rancang Bangun Sistem Informasi Simpan Pinjam Karyawan Menggunakan Metode Object Oriented Programming (Studi Kasus: PT Arta Buana Sakti Tangerang).” Jurnal TECHNO Nusa Mandiri Vol. XIII, No. 2 September 2016.

Y. Sherley, Q. J. Ardian, and W. Kurnia, “Rancang Bangun Sistem Informasi Media Pembelajaran Berbasis Website (Studi Kasus: Bimbingan Belajar De Potlood),” Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi, vol. 2, no. 3, pp. 136–147, Oct. 2021, doi: https://doi.org/10.33365/jtsi.v2i3.879.

M. Seidl, M. Scholz, C. Huemer, and G. Kappel, UML @ Classroom. Cham: Springer International Publishing, 2015. doi: https://doi.org/10.1007/978-3-319-12742-2.

V. Ayu, “Pemodelan Proses Pemilihan Rute pada Protokol Babel dengan Activity Diagram dan Transition System,” vol. 12, no. 1, Jan. 2017, doi: https://doi.org/10.24071/mt.v12i1.947.

R. Tarigan and D. Ardiansyah, “PERANCANGAN APLIKASI INVENTORY BARANG PADA CV. MR LESTARI BERBASIS WEB,” Jurnal Sistem Informasi dan Informatika (Simika), vol. 3, no. 2, pp. 77–94, Aug. 2020, doi: https://doi.org/10.47080/simika.v3i2.985.

C. N. Paradis, M. Robert Yusuf, M. Farhanudin, and M. Ainul Yaqin, “Analisis dan Perancangan Software Pengukuran Metrik Skala dan Kompleksitas Diagram Class,” Journal Automation Computer Information System, vol. 2, no. 1, pp. 58–65, Jun. 2022, doi: https://doi.org/10.47134/jacis.v2i1.40.

IDDIK, Muhammad; SIRAIT, Azrai. Pengembangan Sistem Informasi Administrasi Akademik Dengan Rancangan Modul Program Menggunakan Bahasa Pemrograman Berorientasi Objek. JOISIE (Journal Of Information Systems And Informatics Engineering), [S.l.], v. 2, n. 1, p. 51-57, jan. 2019. Available at: https://ejournal.pelitaindonesia.ac.id/ojs32/index.php/JOISIE/article/view/251.

N. Ahmad, et al. Analisa & Perancangan Sistem Informasi Berorientasi Objek. Penerbit Widina, 2022.

A. Nugroho, & A. S. Tohir, Otomatisasi Sql Query Untuk Database Engine. Semnasteknomedia Online, 5(1), 2-2, Feb 2017.

M. Kumar, S. K. Singh, and R. K. Dwivedi. "A comparative study of black box testing and white box testing techniques." International Journal of Advance Research in Computer Science and Management Studies 3.10, 2015.

Downloads

Published

2024-09-20

How to Cite

Albi Akhsanul Hakim, Alexander Stefanus Pakpahan, Dian Maharani, Salsa Pramudhita Agustiardani, Abi Eka Putra Wulyono, & Fawwaz Ali Akbar. (2024). Pengembangan Aplikasi Ensiklopedia Indonesia Dengan Pemrograman Berbasis Objek Menggunakan Java Swing. Prosiding Seminar Nasional Informatika Bela Negara, 4, 260–269. Retrieved from https://santika.upnjatim.ac.id/submissions/index.php/santika/article/view/463

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.