Rancang Bangun Aplikasi Toko HP TechZone Berbasis Website

Authors

  • M. Zaky Pria Maulana UPN "Veteran" Jawa Timur
  • Muhammad Fadel Akbar UPN "Veteran" Jawa Timur
  • Mayhikal Ferdiananta UPN "Veteran" Jawa Timur
  • Muhammad Rohman Irsyadi UPN “Veteran” Jawa Timur
  • Muhamad Faizhal Musthafa UPN "Veteran" Jawa Timur
  • Fawwaz Ali Akbar UPN "Veteran" Jawa Timur

Keywords:

Website e-commerce, Toko HP, TechZone, pasar teknologi modern

Abstract

Studi ini menjelaskan secara rinci proses pembuatan website e-commerce untuk toko HP bernama TechZone, yang dirancang untuk menyediakan pengalaman belanja online yang nyaman dan efisien bagi pengguna. Proyek ini menggunakan metode pengembangan website e-commerce dengan memanfaatkan kombinasi teknologi HTML, CSS, JavaScript, dan PHP, yang disesuaikan dengan kebutuhan pasar dan preferensi pengguna masa kini. Fitur-fitur yang telah diimplementasikan mencakup pencarian produk yang efektif, keranjang belanja yang mudah digunakan, serta sistem pembayaran online yang cepat dan aman. Selain itu, antarmuka pengguna dirancang agar interaktif dan intuitif, sehingga memudahkan navigasi dan meningkatkan kenyamanan dalam berbelanja. Kemudahan dalam menemukan produk yang diinginkan, proses pembayaran yang cepat, serta tampilan yang menarik. Pengembangan website e-commerce ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif dalam memenuhi kebutuhan e-commerce di pasar teknologi modern, serta menjadi referensi bagi pengembangan website toko online lainnya. Proyek ini juga mencakup analisis pasar untuk memahami kebutuhan dan preferensi pengguna, serta pengujian berkelanjutan untuk memastikan performa yang optimal. Dengan demikian, TechZone dapat terus berkembang dan beradaptasi dengan perubahan tren dan teknologi, menjadikan pengalaman belanja online lebih baik dan memuaskan.

References

Nana Sharna, Kasman Rukun, “Perancangan Sistem e-commerce Berbasis Web Pada Toko Indah Surya Furniture,” VOTEKNIKA, vol. 7, no. 1, pp. 39, 2019.

Putu Gede Surya Cipta Nugraha, I Putu Yoga Indrawan, I Kadek Andy Asmarajaya, “Rancang Bangun Sistem Informasi e-commerce Berbasis Website (Studi Kasus Toko Komputer Di Denpasar),” INSERT : Information System And Emerging Tecnology Journal , vol. 3, no. 1, pp. 55, 2022.

M. Wicaksono and H. Irawan, “Merancang Bangun Web E-Commerce Menggunakan WordPress Studi Kasus Toko Arleuis,” IDEALIS, vol. 5, no. 1, pp. 9-18, 2022.

Saduadnyana I.K.K., Suputra, I. P. G. H., & Putri, L. A. A. R., "Pengembangan e-commerce berbasis website dengan penerapan responsive web layout sebagai media promosi dan penjualan hasil olahan produk", Jurnal Pengabdian Informatika, vol. 1, no. 3, pp. 795-797, 2023.

Selli Mariko, "Aplikasi Website Berbasis HTML Dan Javascript Untuk Menyelesaikan Fungsi Integral Pada Mata Kuliah Kalkulus," Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, vol. 6, no. 1, pp. 83 , April 2019.

Anjumi Kholifatu Rahmatika, Fajar Pradana, Fitra Abdurrachman Bachtiar, "Pengembangan Sistem Pembelajaran HTML Dan CSS Dengan Konsep Gamification Berbasis Web," Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, vol. 4, no. 8, pp. 2656-2657 , Agustus 2020.

P. G. S. C. Nugraha, I. P. Y. Indrawan, dan I. K. A. Asmarajaya, "Rancang bangun sistem informasi e-commerce berbasis website (studi kasus toko komputer di Denpasar)," Information System and Emerging Technology Journal, vol. 3, no. 1, pp. 57-59 , Juni 2022.

Putri Z. E., "Strategi Penetrasi Pasar untuk Meningkatkan Daya Saing Perusahaan E-Commerce di Indonesia", Jurnal Manajemen dan Bisnis, vol. 10, no. 1, pp. 218-219, 2021.

K. N. L. Mastra dan R. F. Dharmawan, “Tinjauan User Interface Design Pada Website E-Commerce Laku6,” Narada: Jurnal Desain dan Seni, vol. 5, no. 1, pp. 104-107,i 2018.

H. A. Mumtahana, S. Nita, dan A. W. Tito, "Pemanfaatan Web E-Commerce untuk Meningkatkan Strategi Pemasaran", Khazanah Informatika: Jurnal Ilmu Komputer dan Informatika, vol. 3, no. 1, pp. 6-8, 2020.

M. Simanjuntak, "Menjamin Keamanan dan Kenyamanan Bertransaksi Pada E-Commerce dalam Upaya Melindungi Konsumen," Direktorat Kajian Strategis dan Reputasi Akademik, IPB University, vol. 5, no. 2, 2023.

Mugi Raharjo, Musriatun Napiah, Rian Septian Anawar, “Perancangan Sistem Informasi Dengan PHP Dan MYSQL Untuk pendaftaran Sekolah Di Masa Pandemi,” Computer Science (CO-SCIENCE), vol. 2, no. 1, pp. 51, Januari 2022.

M. Tabrani dan I. Aghniya, “Implementasi Metode Waterfall pada Program Simpan Pinjam Koperasi Subur Jaya Mandiri Subang,” Jurnal Interkom, vol. 14, no. 1, pp. 44-53, 2019.

Y. S. Dwanoko, "Implementasi Software Development Life Cycle (SDLC) Dalam Penerapan Pembangunan Aplikasi Perangkat Lunak," Jurnal Teknologi Informasi: Teori, Konsep, dan Implementasi, vol. 7, no. 2, pp. 84-85, 2016.

Nurudin, M., Jayanti, W., Saputro, R. D., Saputra, M. P., & Yulianti, Y., "Pengujian Black Box pada Aplikasi Penjualan Berbasis Web Menggunakan Teknik Boundary Value Analysis," Jurnal Informasi Universitas Pamulang, vol. 4, no. 4, pp. 143-148, 2019.

Downloads

Published

2024-09-19

How to Cite

Maulana, M. Z. P. ., Akbar, M. F., Ferdiananta, M., Irsyadi, M. R., Musthafa, M. F., & Akbar, F. A. (2024). Rancang Bangun Aplikasi Toko HP TechZone Berbasis Website. Prosiding Seminar Nasional Informatika Bela Negara, 4, 186–193. Retrieved from https://santika.upnjatim.ac.id/submissions/index.php/santika/article/view/442

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.