ANALISA KEAMANAN WEBSITE MENGGUNAKAN METODE FOOTPRINTING DAN VULNERABILITY SCANNING PADA WEBSITE KAMPUS

Authors

  • Muhammad Fatkhurozzi Universitas Pancasila

DOI:

https://doi.org/10.33005/santika.v2i0.74

Keywords:

Website, Keamanan, Network Security Footprinting, Vulnerability

Abstract

Website adalah sebuah halaman informasi yang disediakan melalui jalur internet sehingga dapat diakses seluruh dunia selama aktivitas internet pada suatu device tersambung , keamanan informasi informasi pada sutau website adalah hal terpenting saat ini, tidak terkecuali pada website institute perguruan tinggi yang menyajikan informasi penting tentang suatu institute . masalah tersebut penting karena jika informasi diakes oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Ethical Hacking yang menitikberatkan pada teknik footprinting dan vulnerability scanning dengan hanya menguji serangan pasif. Hasil penelitian ini telah menemukan informasi terkait website target (website lembaga pendidikan di salah satu kota di Indonesia) dan beberapa peringatan kerentanan setelah dilakukan pengujian pemindaian kerentanan dengan tingkat risiko tinggi hingga rendah sehingga peneliti merekomendasikan perbaikan kerentanan untuk meminimalkan. lubang keamanan yang dimanfaatkan oleh para peretas.

References

[1] Angi, D. C., Noertjahyana, A., & Andjarwirawan, J. (2016). Vulnerability Mapping pada Jaringan Komputer Di Universitas X. Jurnal Ilmiah Vol 3, No 2, 1-7.

[2] Harjowinoto, D., A. N., & Andjarwirawan, J. (2016). Vulnerability Testing pada Sistem Administrasi Rumah Sakit X. JURNAL INFRA VOL 1 NO 4, 1-6.

[3] Riadi, I., Yudhana, A., & Yunanri.W. (2018). ANALISIS KEAMANAN WEBSITE OPEN JOURNAL SYSTEM MENGGUNAKAN METODE VULNERABILITY ASSESSMENT. Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (JTIIK) Vol. 7 No. 4, 853-860.

[4] Suryayusra, Solikin, I., & Ulfa, M. (2017). PENERAPAN SISTEM KEAMANAN JARINGAN SMK NEGERI 1. MATRIK Vol.19 No.3, 197-206.

[5] Wibowo, F., Harjono, & Wicaksono, A. P. (2019). Uji Vulnerability pada Website Jurnal Ilmiah Universitas Muhammadiyah Purwokerto Menggunakan OpenVAS dan Acunetix WVS. JURNAL INFORMATIKA, Vol.6 No. 2, 212-217

Downloads

Published

2021-11-25

How to Cite

Fatkhurozzi, M. (2021). ANALISA KEAMANAN WEBSITE MENGGUNAKAN METODE FOOTPRINTING DAN VULNERABILITY SCANNING PADA WEBSITE KAMPUS. Prosiding Seminar Nasional Informatika Bela Negara, 2, 144–148. https://doi.org/10.33005/santika.v2i0.74

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.