Implementasi Aplikasi Sektor Ritel Toko Sama Subur

Authors

  • Nafis Pratama Putra Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Sandy Nicholas UPN "Veteran" Jawa Timur
  • Panggih Santri Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Muhammad Akbar Nurdianto Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Bagus Satrio Wicaksono Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Fawwaz Ali Akbar Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur

Keywords:

industri toko ritel, pemantauan kinerja, efisiensi operasional, produktivitas pegawai, keaktifan pegawai, analisis kinerja, teknologi informasi

Abstract

Industri ritel modern menghadapi berbagai tantangan dalam mengelola kinerja dan keaktifan pegawai di tengah persaingan pasar yang ketat dan harapan konsumen yang terus meningkat. Pegawai ritel, sebagai ujung tombak dalam interaksi dengan pelanggan, memerlukan pemantauan yang akurat dan efisien untuk memastikan pelayanan yang optimal dan produktivitas yang tinggi. Namun, metode pemantauan manual yang masih banyak digunakan seringkali tidak efisien dan rentan terhadap kesalahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan aplikasi digital yang dirancang khusus untuk memantau kinerja dan keaktifan pegawai toko ritel secara real-time. Aplikasi ini memanfaatkan teknologi informasi terkini untuk menyediakan data kinerja yang akurat dan mudah diakses oleh manajemen berupa persentase kehadiran pegawai yang akurat berdasarkan jadwal kerja dan jadwal pelatihan yang sudah diatur sedemikian rupa. Dengan sistem ini, manajemen dapat memperoleh gambaran yang jelas mengenai kontribusi setiap pegawai dan mengambil keputusan yang lebih tepat berdasarkan data yang tersedia, termasuk dalam memberikan gaji yang sesuai dengan persentase kehadiran pegawai dalam bulan dan tahun tertentu. Implementasi aplikasi pemantauan ini diharapkan dapat mengurangi kesalahan dalam pencatatan dan penilaian kinerja, serta meningkatkan transparansi dalam proses evaluasi pegawai. Selain itu, aplikasi ini diharapkan dapat memotivasi pegawai untuk meningkatkan kinerja mereka melalui umpan balik yang jelas dan sistematis. Penelitian ini memberikan kontribusi signifikan dalam bidang manajemen sumber daya manusia dan teknologi informasi di industri ritel, serta menawarkan solusi praktis untuk mengatasi tantangan dalam pemantauan kinerja pegawai.

References

I. G. Friansyah, D. Agustina, and F. D. Waidah. Perancangan Sistem Informasi Kepegawaian Di Kantor Bagian Administrasi Dan Pembangunan Seketariat Daerah Kabupaten Karimun Berbasis Website. J. TIKAR, vol. 2, no. 1, pp. 83–90, 2021.

Alfarisi, F. S., Zuhairmawan, M. T., Pradeka, D., & Munawir, M. Perancangan Aplikasi Menu Makanan Berbasis Java. Jurnal Ilmiah Ilmu dan Teknologi Rekayasa, 5(2), 71-79. 2023.

Kosasi, S. Perancangan Aplikasi Point of Sale dengan Arsitektur Client/Server Berbasis Linux dan Windows. Creative Information Technology Journal, 1(2), 116-127. 2014.

Kakerissa A., Maitimu N. ANALISIS IMPLEMENTASI PENILAIAN KINERJA PEGAWAI DENGAN SISTEMMANAJEMEN KINERJA PEGAWAI NASIONAL (SIMKPNAS) DI PT PLN(PERSERO) WILAYAH MALUKU DAN MALUKU UTARA. ARIKA, 14(1), 37-52, 2020.

Agustini,S. Harmonisasi Standar Nasional(sni)air minum dalam kemasan dan standar internasional. Majalah Teknologi AgroIndustri.9(2):30–39. 2017.

F. Lambardo. Sistem Informasi Kinerja Pegawai Bank Sumsel Babel. vol. 15, no. 6, p. 6, 2021.

B. Nugroho, Database Relasional Dengan Mysql. Yogyakarta: Andi, 2005.

Dirgantara, M. Riyan., Syahputri, Salsabila., Hasibuan, Adelia., Nurbaiti. Pengenalan Database management System. Madani: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(6), 300-306. Juli 2023.

Setiyadi, Didik., Khasanah, Fata Nidaul., Henderi. Data manipulation Language (DML) Database Penjadwalan Dosen menggunakan SQL Server 2008. Bina Insani ICT Journal, 6(2), 145-154. Desember 2019.

Setiyadi, Didik., Herlawati. Structured Query Language (SQL) Untuk Purchase Order (PO) Menggunakan SQL Server 2008. Bina Insani ICT Journal, 6(1), 75-88. Juni 2019.

Bastian, Erik., Ridho, Muhammad Rasid.,. Perancangan Sistem Informasi Stok Kontainer Dengan Metode Scrum Pada PT Putra Batam Jasa Mandiri Utama. Jurnal Comaise, 4(2), 20-29. 2021.

Setiyadi, Didik., Khasanah, Fata Nidaul., Henderi. Data manipulation Language (DML) Database Penjadwalan Dosen menggunakan SQL Server 2008. Bina Insani ICT Journal, 6(2), 145-154. Desember 2019.

Herliana, A., dan Prima Muhammad Rasyid. Sistem Informasi Monitoring Pengembangan Software pada Tahap Development Berbasis Web. Jurnal Informatika, 3(1), 41-50. April 2016.

Mangkunegara, Anwar Prabu. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: Remaja Rosdakarya.. 2017

Kotler, Philip dan Keller K Lane. Manajemen Pemasaran, Jakarta: Ghalia, 2006.

Downloads

Published

2024-09-19

How to Cite

Nafis Pratama Putra, Nicholas, S., Panggih Santri, Muhammad Akbar Nurdianto, Bagus Satrio Wicaksono, & Fawwaz Ali Akbar. (2024). Implementasi Aplikasi Sektor Ritel Toko Sama Subur. Prosiding Seminar Nasional Informatika Bela Negara, 4, 166–175. Retrieved from https://santika.upnjatim.ac.id/submissions/index.php/santika/article/view/439

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.

Similar Articles

<< < 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.