Analisis CSF Kualitas Pengajar pada Proses Perkuliahan Daring dalam Mengaplikasikan ICT: Literature Review

Authors

  • Eristya Maya Safitri UPN JATIM
  • Agung Mustika Rizki Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Afina Lina Nurlaili Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Kartika Maulida Hindrayani Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.33005/santika.v1i0.17

Keywords:

ICT, Kualitas Pengajar, CSF

Abstract

Abstrak— Masuknya teknologi informasi dalam bidang pendidikan merupakan peluang yang berharga untuk melakukan beberapa modifikasi dan inovasi didalamnya. Hal ini digunakan untuk meningkatkan efisiensi sehingga lebih banyak efek positif yang diberikan pada sistem Pendidikan. Untuk mengenali faktor-faktor penting dalam meningkatkan proses belajar mengajar secara daring, maka diusung sebuah model kesuksesan dalam meningkatkan kualitas pengajar menyajikan proses perkuliahan daring secara efektif dan efisien. Penelitian ini akan menganalisis faktor kesuksesan pengajar dalam meyajikan proses perkuliahan daring. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan kepada pengajar untuk meningkatkan kualitas pengajaran secara daring dengan memanfaatkan ICT sebagai media pembelajaran.

References

1] H. R. Chen and H. F. Tseng, “Factors that influence acceptance of web-based e-learning systems for the in-service education of junior high school teachers in Taiwan,” Eval. Program Plann., vol. 35, no. 3, pp. 398–406, 2012, doi: 10.1016/j.evalprogplan.2011.11.007.
[2] S. Bidarian, S. Bidarian, and A. M. Davoudi, “A model for application of ICT in the process of teaching and learning,” Procedia - Soc. Behav. Sci., vol. 29, no. 2010, pp. 1032–1041, 2011, doi: 10.1016/j.sbspro.2011.11.336.
[3] O. Zawacki-richter, T. H. Brown, and R. Delport, “Mobile learning = distance education 2 . 0 ?,” no. May 2014, pp. 0–6, 2007.
[4] E. King and R. Boyatt, “Exploring factors that influence adoption of e-learning within higher education,” Br. J. Educ. Technol., vol. 46, no. 6, pp. 1272–1280, 2015, doi: 10.1111/bjet.12195.
[5] D. Al-Fraihat, M. Joy, R. Masa’deh, and J. Sinclair, “Evaluating E-learning systems success: An empirical study,” Comput. Human Behav., vol. 102, no. March 2019, pp. 67–86, 2020, doi: 10.1016/j.chb.2019.08.004.
[6] H. Mohammadi, “Investigating users’ perspectives on e-learning: An integration of TAM and IS success model,” Comput. Human Behav., vol. 45, pp. 359–374, 2015, doi: 10.1016/j.chb.2014.07.044.

Downloads

Published

2020-11-01

How to Cite

Safitri, E. M., Rizki, A. M., Nurlaili, A. L., & Hindrayani, K. M. (2020). Analisis CSF Kualitas Pengajar pada Proses Perkuliahan Daring dalam Mengaplikasikan ICT: Literature Review. Prosiding Seminar Nasional Informatika Bela Negara, 1, 60–65. https://doi.org/10.33005/santika.v1i0.17

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.