Rancang Bangun Aplikasi Layanan Adopsi dan Penyelamatan Kucing Berbasis REST-API
DOI:
https://doi.org/10.33005/santika.v5i1.754Keywords:
aplikasi adopsi kucing, REST-API, KPKTS, waterfall, komunitas hewan, sistem informasiAbstract
Pertumbuhan populasi kucing liar di perkotaan, khususnya di Surabaya, menimbulkan berbagai permasalahan terkait kesejahteraan hewan dan lingkungan. Komunitas Penyelamat Kucing Terlantar Surabaya (KPKTS) berupaya menanggulangi permasalahan tersebut, namun masih menghadapi kendala dalam pendataan dan proses adopsi yang belum terdigitalisasi. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengembangkan aplikasi Meowcare berbasis web sebagai solusi sistem informasi untuk mempermudah proses adopsi kucing dan pelaporan penyelamatan. Metode pengembangan yang digunakan adalah model Waterfall, dengan tahapan meliputi analisis kebutuhan, perancangan sistem, implementasi, dan pengujian. Aplikasi dikembangkan menggunakan React Native pada sisi antarmuka dan Lumen sebagai backend API. Pengujian dilakukan dengan metode Black Box Testing dan pengujian API menggunakan Postman. Hasil pengujian menunjukkan bahwa seluruh fitur utama, baik untuk pengguna umum maupun admin, berjalan sesuai harapan. Aplikasi ini diharapkan dapat meningkatkan efisiensi proses adopsi, memperluas jangkauan penyelamatan kucing, serta meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai kesejahteraan hewan
References
C. Evelina and N. Carina, “FASILITAS PENANGANAN HEWAN TERLANTAR,” Jurnal Sains, Teknologi, Urban, Perancangan, Arsitektur, vol. 3, no. 2, pp. 2223–2223, Feb. 2022, doi: https://doi.org/10.24912/stupa.v3i2.12378.
A. D. Risnanda, “PERLINDUNGAN HUKUM DALAM KLASIFIKASI BENTUK KEKERASAN TERHADAP HEWAN DI INDONESIA,” Res Nullius Law Journal, vol. 5, no. 2, pp. 123–134, Aug. 2023, doi: https://doi.org/10.34010/rnlj.v5i2.9789.
D. Ditinjau et al., “MOTIF KOMUNITAS PENYELAMAT KUCING TERLANTAR SURABAYA (KPKTS) DALAM PENYELAMATAN KUCING JALANAN.” Accessed: Jun. 17, 2025. [Online]. Available: http://digilib.uinsa.ac.id/58366/2/Septi%20Nurika%20Oktafiana_I03218018.pdf
“PENGANTAR APLIKASI MOBILE,” Google Books, 2023. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=2tLcEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA35&dq=aplikasi+mobile&ots=6LnJi9glKJ&sig=JvvuAwZXnJd-j4oX8ERmSghFJ40&redir_esc=y#v=onepage&q=aplikasi%20mobile&f=fals e (accessed Jun. 19, 2025).
W. G. Wardhana, I. Arwani, dan B. Rahayudi, “Implementasi Teknologi Restful Web Service Dalam Pengembangan Sistem Informasi Perekaman Prestasi Mahasiswa Berbasis Website (Studi Kasus: Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Brawijaya),” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 4, no. 2, pp. 680–689, Feb. 2020.
U. Senarath, “Waterfall Methodology, Prototyping and Agile Development,” Waterfall Methodology, Prototyping and Agile Development, Jun. 2021, doi: https://doi.org/10.13140/RG.2.2.17918.72001.
S. Pargaonkar, “A Comprehensive Research Analysis of Software Development Life Cycle (SDLC) Agile & Waterfall Model Advantages, Disadvantages, and Application Suitability in Software Quality Engineering,” International journal of scientific and research publications, vol. 13, no. 8, pp. 120–124, Aug. 2023, doi: https://doi.org/10.29322/ijsrp.13.08.2023.p14015.
R. Ramakrishnan and J. Gehrke, Database Management Systems. 2017.
I. R. Mukhlis, I. F. Satibi, N. Sembilu, R. Rahmawati, V. R. Aulia, T. P. Rinjeni, T. L. I. Sugata, and P. K. F. Ananto, “Rancangan Basis Data Absensi Pegawai Menggunakan MySQL dengan Conceptual Data Model (CDM), Physical Data Model (PDM), dan Entity Relationship Diagram (ERD),” Jurnal Ilmiah Computing Insight, vol. 6, no. 2, 2024. doi: https://doi.org/10.30651/comp_insight.v6i2.24337.
Y. Sherley, Q. J. Ardian, and W. Kurnia, “Rancang Bangun Sistem Informasi Media Pembelajaran Berbasis Website (Studi Kasus: Bimbingan Belajar De Potlood),” Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi, vol. 2, no. 3, pp. 136–147, Oct. 2021, doi: https://doi.org/10.33365/jtsi.v2i3.879.
V. Ayu, “Pemodelan Proses Pemilihan Rute pada Protokol Babel dengan Activity Diagram dan Transition System,” vol. 12, no. 1, Jan. 2017, doi: https://doi.org/10.24071/mt.v12i1.947.
S. Şener and A. Türk, “Developing an Android-based Mobile Application for Temporary Animal Shelter Activities,” International Journal of Computer Science and Mobile Computing, vol. 8, no. 9, pp. 381–389, Sep. 2019. https://www.researchgate.net/publication/335867265.
A. College, Hybrid Mobile App Developemnt (React Native) Level 2. Advanced Micro Systems Sdn Bhd.
M. A. Karim and A. R. Adriansyah, “Analisis dan Perancangan Aplikasi Mobile untuk Donasi menggunakan Metode Hybrid berbasis React Native,” Jurnal Informatika Terpadu, vol. 8, no. 1, pp. 26–34, Mar. 2022, doi: https://doi.org/10.54914/jit.v8i1.394.
Herlambang, “Pengembangan Aplikasi Mobile I’m UII dengan Framework Flutter dan Lumen pada Fitur Reminder,” pdf, Universitas Islam Indonesia, 2023. Accessed: Jun. 20, 2025. [Online]. Available: https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/45865