Sistem Informasi Terpadu untuk Pembuatan Surat Keterangan Pendamping Ijasah

Authors

  • Nur Cahyo Wibowo UPN "Veteran" Jawa Timur
  • Agung Brastama Putra Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Nugroho Utomo Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.33005/santika.v1i0.39

Keywords:

SKPI, Surat Keterangan Pendamping Ijasah, Sistem Informasi, Web

Abstract

Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI) sudah diberlakukan berdasarkan Permen Dikbud Nomor 81 tahun 2014. UPN “Veteran” Jawa Timur sebagai salah satu penyelenggara pendidikan tinggi wajib untuk turut melaksanakannya. Di dalam dokumen SKPI terdapat informasi tentang capaian-capaian yang diraih mahasiswa; baik yang akademik, maupun non-akademik. Kesulitan yang dihadapi adalah bagaimana merangkum semua informasi tersebut menjadi satu dokumen meskipun bersumber dari beberapa pihak. Dalam penelitian ini akan dikembangkan sebuah sistem online berbasis web untuk menangani pembuatan SKPI secara terpadu. Teknologi pemrograman yang digunakan adalah bahasa PHP. Sedangkan untuk sistem pengelolaan basis datanya memakai DBMS MySQL. Hasil yang diharapkan dari penelitian ini adalah pembuatan SKPI bisa lebih sistematis, terpadu, dan cepat. Dengan sistem online, juga bisa menekan penggunaan kertas sebagai media cetak dokumen. Hal ini tentunya juga akan lebih ramah bagi lingkungan.

References

[1] Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. 2014. Peraturan Menteri Nomor 81 Tahun 2014 tentang Ijazah, Sertifikat Kompetensi, dan Sertifikat Profesi Pendidikan Tinggi. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
[2] UIN Syarif Hidayatullah. 2016. SKPI UIN Jakarta Tahun Ini Dimulai. URL: http://www.uinjkt.ac.id/id/skpi-uin-jakarta-tahun-ini-dimulai/. Diakses 15 September 2016.
[3] Tamsuri, Anas. 2014. Manual Penggunaan: Aplikasi Penyusunan SKPI Pendidikan Vokasi Keperawatan. AIPViKI Regional 6 Jawa Timur.
[4] Universitas Diponegoro. 2015. Surat Keterangan Pendamping Ijasah. Fakultas MIPA.
[5] Universitas Mercubuana. 2014. Alur Proses Pengisian
Pengalaman Mahasiswa.
[6] Universitas Negeri Padang. 2013. Panduan Sipresma.
[7] Universitas Brawijaya. 2015. Surat Keterangan Pendamping Ijasah. Fakultas Ilmu Komputer.
[8] Universitas Brawijaya. 2015. Surat Keterangan Pendamping Ijasah. Fakultas MIPA.

Downloads

Published

2020-11-01

How to Cite

Wibowo, N. C., Putra, A. B., & Utomo, N. (2020). Sistem Informasi Terpadu untuk Pembuatan Surat Keterangan Pendamping Ijasah. Prosiding Seminar Nasional Informatika Bela Negara, 1, 142–146. https://doi.org/10.33005/santika.v1i0.39

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.