PENGUJIAN EQUIVALENCE PARTITIONS PADA E-LEARNING ILMU UPN "VETERAN" JAWA TIMUR
DOI:
https://doi.org/10.33005/santika.v2i0.101Keywords:
black box testing, equivalence partitions, e-learning, pengujian, softwareAbstract
Pengujian perangkat lunak adalah salah satu proses dalam pembuatan suatu sistem informasi untuk menemukan perbedaan antara komponen yang dibutuhkan dengan komponen yang berada dalam sistem. Pengujian memiliki berbagai macam metode dan teknik, salah satunya adalah metode black box testing dan salah satu teknik didalam black box testing adalah equivalence partitions.
Pada penelitian ini pengujian dilakukan pada website e-learning “Ilmu” yang dimiliki oleh UPN “Veteran” Jawa Timur dengan metode black box menggunakan teknik equivalence partitions yang mana tujuan dari penelitian ini adalah untuk mencari tahu apakah ada kesalahan-kesalahan di dalam website ini. Pada penelitian ini terdapat 2 form dengan 8 field, dilakukan 23 kali pengujian equivalence partitions dengan memberi masukan pada setiap field dengan data valid dan data acak (invalid). Hasil dari pengujian adalah 23 pengujian sesuai dengan apa yang diharapkan. Dari pengujian tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa website e-learning “Ilmu” UPN “Veteran” Jawa Timur memiliki sistem yang baik dengan pengujian menggunakan equivalence partitions. Hal ini juga menunjukkan bahwa metode black box testing dengan teknik equivalence partitions dapat menjadi salah satu pengujian yang cocok digunakan untuk mencari kesalahan dalam sebuah sistem.
References
Krismadi, A., Lestari, A. F., Pitriyah, A., Putra, I. W., & Mardangga, A. (2019). Pengujian Black Box berbasis Equivalence Partitions pada Aplikasi Seleksi Promosi Kenaikan Jabatan. 2(4), 155–161.